Pengaruh Pengetahuan Gizi terhadap Kebiasaan Makan Ibu-Ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang


Zulaikha Dwi Lestari , 5401406009 (2011) Pengaruh Pengetahuan Gizi terhadap Kebiasaan Makan Ibu-Ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Pengaruh Pengetahuan Gizi terhadap Kebiasaan Makan Ibu-Ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang”.]
Preview
PDF (“Pengaruh Pengetahuan Gizi terhadap Kebiasaan Makan Ibu-Ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang”.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan gizi merupakan pengetahuan seseorang yang berhubungan dengan makanan dan kesehatan (Kartasapoetra, 2003:15). Pengetahuan gizi seseorang berpengaruh terhadap Pola makan. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui gambaran pengetahuan gizi ibu-ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang, 2. Untuk mengetahui gambaran kebiasaan makan ibu-ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang, 3. Untuk mengetahui gambaran kondisi gizi ibu-ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang, 4. Untuk mengetahui kendala makan sehat dan bergizi pada ibu-ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang, 5. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pengetahuan gizi terhadap kebiasaan makan ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang, 6. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan gizi terhadap kebiasaan makan ibu-ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang. Populasi penelitian ini adalah ibu-ibu usia produktif yang berumur 20–40 tahun yang berjumlah 279 orang, dengan sampel 60 responden. Teknik yang digunakan adalah teknik proportional sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah pengetahuan gizi (X), variabel terikatnya adalah kebiasaan makan (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara berupa kuisioner, recall dan antropometri BB/TB2. Analisis yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif dan regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Pengetahuan gizi ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang cenderung cukup, yaitu sebesar 60%. 2) Kebiasaan makan ibu di Desa Mangli mayoritas dalam kategori cukup, yaitu sebesar 63%. 3) Kondisi gizi ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang mayoritas adalah normal yaitu sebesar 75,00%, gemuk tingkat ringan 15,33%, gemuk tingkat berat sebesar 6,67% dan kurus tingkat ringan sebesar 5,00%. 4) Kendala dalam penyelenggaraan makan sehat dan bergizi oleh ibu-ibu di Desa Mangli diantaranya adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi, menu dan pengolahan masakan, tingkat pendidikan yang rendah, kemiskinan, keterbelakangan, kurangnya kesadaran akan menu gizi seimbang. 5) Ada pengaruh signifikan (p=0,000<0,05) pengetahuan gizi terhadap kebiasaan makan ibu di Desa Mangli Kabupaten Magelang. 6) Kontribusi pengetahuan gizi terhadap kebiasaan makan ibu sebesar 14,7%. Saran untuk masyarakat Mangli adalah agar meningkatkan pengetahuan gizi dengan mengikuti penyuluhan yang diadakan oleh PKK & Posyandu karena pengetahuan gizi berpengaruh pada kebiasaan makan ibu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan gizi, kebiasaan makan, ibu rumah tangga, Tata Boga
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
H Social Sciences > HB Economic Theory
T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 09 Jan 2012 06:47
Last Modified: 25 Apr 2015 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item View Item