PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN 2010/2011


Elsa Septiyana , 7101407082 (2011) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN 2010/2011]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN 2010/2011) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan penilaian terhadap hasil belajar seorang siswa dalam rangka untuk mengetahui keberhasilan anak didik dalam mencapai tujuan belajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa prestasi akuntansi yang diperoleh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Banjarnegara tergolong rendah.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun 2010/2011baik secara simultan maupun parsial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi siswa baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun 2010/2011sebanyak 70 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh populasi penelitian dijadikan objek penelitian.Variabel yang dikaji adalah prestasi belajar akuntansi, motivasi belajar dan lingkungan sekolah.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis inferensial. Hasil perhitungan besarnya pengaruh secara simultan motivasi belajar dan lingkungan sekolah memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 31,5%. Secara parsial besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 5,7%, sedangkan besarnya pengaruh lingkungan sekolah sebesar 11%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan sekolahterhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun 2010/2011baik secara simultan maupun parsial. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar, siswaharus lebih meningkatkan motivasi belajarnya. Bagi guru hendaknya dapat memotivasi siswa dengan memberi umpan balik baik berupa nilai, penghargaan atau hukuman terhadap setiap tugas yang dikerjakan siswanya. Sekolah hendaknya lebih meningkatkan penegakan kedisiplinan sekolah dan penyediaan sarana pendukung belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Lingkugan Sekolah, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 09 Jan 2012 06:22
Last Modified: 25 Apr 2015 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11290

Actions (login required)

View Item View Item