“Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Menggunakan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Tipe Pohon Jaringan (Network Tree) pada Siswa Kelas VA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang”.


Faiqul Azmi, NIM. 1402407176 (2011) “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Menggunakan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Tipe Pohon Jaringan (Network Tree) pada Siswa Kelas VA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Menggunakan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Tipe Pohon Jaringan (Network Tree) pada Siswa Kelas VA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang”.]
Preview
PDF (“Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Menggunakan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Tipe Pohon Jaringan (Network Tree) pada Siswa Kelas VA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang”.) - Submitted Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Hakikat IPS adalah telaah tentang manusia dan dunianya. Manusia sebagai makhluk sosial selalu hidup bersama dengan sesamanya. Dalam kehidupannya, manusia harus menghadapi tantangan-tantangan yang berasal dari lingkungan maupun sebagai hidup bersama. Dengan kata lain bahan kajian IPS adalah manusia dan lingkungannya. Berdasarkan hasil observasi pada awal pembelajaran IPS dari kegiatan PPL 2 di kelas VA SDN Kalibanteng Kidul 01 menunjukkan bahwa masih banyak permasalahan dalam pembelajaran. Guru dalam pembelajaran masih menggunakan metode konvensional, kurangnya contoh nyata dari guru dalam pembelajaran karena penggunaan media yang kurang optimal, kurang mengikutsertakan siswa sehingga menyebabkan siswa kurang konsentrasi dan bosan pada saat pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah strategi pembelajaran peta konsep tipe pohon jaringan (network tree) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS kelas VA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS menggunakan strategi pembelajaran peta konsep tipe pohon jaringan (network tree) pada siswa kelas VA SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan strategi pembelajaran peta konsep tipe pohon jaringan (network tree) dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN kalibanteng Kidul 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS melalui pembelajaran peta konsep tipe pohon jaringan (network tree) meningkat. Siklus I mendapatkan skor 37, persentase 77% kategori baik. Siklus II mendapatkan skor 41, persentase 85% kategori sangat baik. Siklus III mendapatkan skor 46, persentase 96% kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa meningkat pada siklus I dengan skor 1117, nilai rata-rata 24,82, persentase 62% kategori cukup. Siklus II meningkat dengan skor 1279, nilai rata-rata 28,42, persentase 71% kategori baik. Siklus III meningkat dengan skor 1433, nilai rata-rata 31,84, persentase 80% kategori baik. (3) Hasil belajar siswa meningkat pada siklus I 49% kategori kurang dengan nilai rata-rata 61,6. Siklus II meningkat 71% kategori baik, nilai rata-rata 71,9. Siklus III meningkat mencapai 91% kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 80,3. Kesimpulan dari penelitian ini melalui strategi pembelajaran peta konsep tipe pohon jaringan (network tree) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran peta konsep tipe pohon jaringan (network tree) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS, maka dapat digunakan acuan untuk pelaksanaan pembelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Strategi pembelajaran Peta Konsep Tipe Pohon Jaringan (Network Tree)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 09 Jan 2012 06:14
Last Modified: 25 Apr 2015 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11289

Actions (login required)

View Item View Item