Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Membuat Catatan Dikte untuk Menghasilkan Naskah/Dokumen Melalui Metode Total Physical Respones (TPR) Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Nasional Pati.


Dina Novita Hadiastuti , NIM. 7101407177 (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Membuat Catatan Dikte untuk Menghasilkan Naskah/Dokumen Melalui Metode Total Physical Respones (TPR) Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Nasional Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Membuat Catatan Dikte untuk Menghasilkan Naskah/Dokumen Melalui Metode Total Physical Respones (TPR) Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Nasional Pati.]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Membuat Catatan Dikte untuk Menghasilkan Naskah/Dokumen Melalui Metode Total Physical Respones (TPR) Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Nasional Pati.) - Submitted Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Kompetensi Dasar Membuat Catatan Dikte untuk Menghasilkan Naskah/Dokumen adalah melatih siswa agar dapat menguasai dasar keterampilan menghasilkan naskah dengan cepat. Berdasarkan hasil observasi di SMK Nasional Pati nilai siswa untuk kompetensi dasar Membuat Catatan Dikte untuk Menghasilkan Naskah/Dokumen belum memuaskan, karena ada nilai ulangan siswa yang masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 2010/2011 untuk mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran (AP) yaitu 7,00. Rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini belum mampu meningkatkan gairah belajar para siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa dalam kompetensi dasar Membuat Catatan Dikte untuk Menghasilkan Naskah/Dokumen di SMK Nasional Pati dapat ditingkatkan melalui metode TPR ? Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP SMK Nasional Pati yang berjumlah 92 siswa. Kelas XI AP 1 diputuskan sebagai kelas dengan treatment konvensional, dan kelas XI AP 2 sebagai kelas dengan treatment TPR. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II terlihat bahwa presentase ketuntasan belajar pada kelas dengan treatement TPR mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan belajar pada kedua kelas tersebut adalah sebagai berikut : skor awal pada kelas dengan treatment TPR mencapai 52,17%, skor I meningkat menjadi 76,09% dan terus meningkat menjadi 82,61% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada kelas dengan treatment TPR mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan ketuntasan klasikal lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan metode dan hasil belajar yang mampu dihasilkan oleh metode TPR. Dan diharapkan dapat memberikan bantuan pengajaran untuk guru pada pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Total Physical Response (TPR)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 09 Jan 2012 02:50
Last Modified: 25 Apr 2015 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11278

Actions (login required)

View Item View Item