Pengembangan Modul Berbahasa Inggris pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 1 Magelang.


Siti Fuadah Mustaqimah , NIM : 4401406019 (2011) Pengembangan Modul Berbahasa Inggris pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 1 Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Modul Berbahasa Inggris pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 1 Magelang.]
Preview
PDF (Pengembangan Modul Berbahasa Inggris pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 1 Magelang.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan era globalisasi menyebabkan semakin meningkatnya kebutuhan akan kemampuan berbahasa Inggris terutama di bidang pendidikan. Berdasarkan hal tersebut pemerintah merancang Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Munculnya program RSBI perlu didukung dengan adanya fasilitas termasuk pengadaan bahan ajar yang sesuai. Dengan diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) memberikan kesempatan bagi sekolah untuk mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara guru RSBI di SMA Negeri 1 Magelang, diketahui bahwa siswa masih menggunakan bahan ajar berupa buku teks biologi dan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbahasa Indonesia. Sepanjang yang diketahui, di pasaran belum ditemukan buku biologi berbentuk modul berbahasa Inggris untuk kelas XI pada materi sistem reproduksi. Dalam penelitian ini dikembangkan bahan ajar berupa modul berbahasa Inggris pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D), dilakukan di SMA 1 Magelang pada akhir semester genap tahun 2011. Uji coba penggunaan modul dilaksanakan di kelas XI IA 1. Data yang diambil adalah data penilaian pakar menggunakan acuan penilaian bahan ajar menurut BSNP 2006, hasil belajar siswa, tanggapan siswa dan tanggapan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 92,93% validasi pakar telah mencapai kriteria penilaian modul yaitu ≥75% sesuai penilaian buku teks dari BSNP 2006 yang dimodifikasi, dan diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90% telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu ≥85% siswa telah tuntas belajar dengan KKM ≥80, serta hasil tanggapan siswa dan guru menunjukkan hasil positif yaitu ≥70% termasuk dalam kriteria baik menurut kriteria tanggapan. Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa modul berbahasa Inggris pada materi sistem reproduksi yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran materi sistem reproduksi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, sistem reproduksi, hasil belajar, Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QP Physiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 09 Jan 2012 02:04
Last Modified: 25 Apr 2015 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11274

Actions (login required)

View Item View Item