Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Sistem Gerak dengan Media Video di SMP Negeri 3 Weleri Kabupaten Kendal.


Trissetiyaningsih , NIM : 4401406523 (2011) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Sistem Gerak dengan Media Video di SMP Negeri 3 Weleri Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Sistem Gerak dengan Media Video di SMP Negeri 3 Weleri Kabupaten Kendal.]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Sistem Gerak dengan Media Video di SMP Negeri 3 Weleri Kabupaten Kendal.) - Submitted Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan oleh guru pada suatu proses pembelajaran sangat berpengaruh pada pemahaman siswa. Penggunaan media dan model pembelajaran yang tepat diperlukan dalam pembelajaran materi sistem gerak agar konsep yang abstrak menjadi lebih konkrit dan mudah dipahami siswa. Model pembelajaran dan media tersebut adalah model Numbered Heads Together (NHT) dan media video. Berdasarkan hasil wawancara guru biologi di SMP Negeri 3 Weleri bahwa selama ini pembelajaran biologi masih disampaikan dengan ceramah dan buku teks. Ketersediaan sarana dan prasarana, (misalnya komputer dan LCD) yang ada disekolah masih belum dimanfaatkan dalam proses pembelajaran biologi. Hal tersebut diduga menjadi penyebab kurang optimalnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran NHT pada materi sistem gerak dengan media video. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun ajaran 2010/ 2011 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, dan VIII B sebagai kelas pembanding, yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian ini adalah Pre Experiment design yaitu dengan menggunakan rancangan Static Group Comparison. Variabel bebas berupa Model pembelajaran NHT pada materi sistem gerak dengan media video, dan sebagai variabel terikat berupa Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa aktif dalam pembelajaran dengan persentase kelas eksperimen sebesar 100%, kelas pembanding sebesar 85%. Hasil belajar siswa secara klasikal kelas eksperimen sebesar 94%, kelas pembanding sebesar 89% dan keduanya tuntas KKM. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT pada materi sistem gerak dengan media video dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model Numbered Heads Together (NHT), media video, materi sistem gerak
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 09 Jan 2012 01:58
Last Modified: 25 Apr 2015 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11273

Actions (login required)

View Item View Item