Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa SMP Negeri 2 Pageruyung Kabupaten Kendal dengan Menggunakan VCD Pembelajaran dan Metode Kerja Kelompok pada Kehidupan Masa Pra Aksara di Indonesia Kelas VII A Semester I Tahun Pelajaran 2010/2011.

Agustin Faradilawati , NIM. 3101405580 (2011) Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa SMP Negeri 2 Pageruyung Kabupaten Kendal dengan Menggunakan VCD Pembelajaran dan Metode Kerja Kelompok pada Kehidupan Masa Pra Aksara di Indonesia Kelas VII A Semester I Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa SMP Negeri 2 Pageruyung Kabupaten Kendal dengan Menggunakan VCD Pembelajaran dan Metode Kerja Kelompok pada Kehidupan Masa Pra Aksara di Indonesia Kelas VII A Semester I Tahun Pelajaran 2010/2011.) - Submitted Version
Download (985Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di SMP N 2 Pageruyung pada kelas VII A, prestasi belajar dan motivasi belajar siswa sangat rendah. Dari KKM yang di tetapkan yakni 60,00, SMP N 2 Pageruyung merupakan sekolah rintisan dimana perlengkapan media pembelajaran minim hal tersebut merupak salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa. Kurangnya penggunaan media pembelajaran terutama pada pelajaran sejarah membuat metode yang digunakan hanyalah metode ceramah dan buku teks, sehingga sebagian besar siswa menganggap bahwa pelajaran sejarah adalah pelajaran yang membosankan dan bersifat hafalan. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran menggunakan media VCD dengan metode kerja kelompok. Media audio visual yang digunakan dalam penelitian ini berupa VCD (Video Compact Disc) adalah format digital standar untuk menyimpan gambar video dalam suatu cakram padat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran menggunakan media pembelajaran VCD dengan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pageruyung tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran menggunakan media pembelajaran VCD dengan metode kerja kelompok untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pageruyung tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas kelas VII A SMP Negeri 2 Pageruyung tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 38 siswa. Pengambilan data dilakukan lewat observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskripsi prosentase. Hasil penelitian manunjukkan Nilai rata-rata kognitif siswa mengalami peningkatan pada pra siklus nilai rata-rata siswa 59,26 dengan ketuntasan klasikal 42,11%, siklus I dengan nilai rata-rata 53,82 dengan ketuntasan klasikal 42,16% kemudian meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata 64,57 dengan ketuntasan klasikal 78,95%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dicapai, maka dapat disimpilkan bahwa penerapan model pembelajaran menggunakan media VCD dengan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Pageruyung tahun pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pembelajaran dengan menggunakan media VCD dan metode kerja kelompok perlu dilaksanakan di kelas, karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, selain itu model pembelajaran tersebut juga dapat meningkatkan motivasi siswa. Saran yang dalam penelitian ini adalah perlunya guru membentuk kelompok belajar pada siswa, sehingga siswa dapat belajar dan bekerjasama dalam menciptakan kreatifitas siswa dalam meningkatkan pemahaman akan materi pelajaran. Disarankan kepada para peneliti bidang pendidikan hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan atau masukan untuk melakukan penelitian yang lebih luas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar, motivasi, metode kerja kelompok, media pembelajaran VCD
    Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 08 Jan 2012 20:17
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:16

    Actions (login required)

    View Item