Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa MAN Brebes 1.


Umi Hidayati , 4401406553 (2011) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa MAN Brebes 1. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa MAN Brebes 1.]
Preview
PDF (Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa MAN Brebes 1.) - Submitted Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Brebes 1, siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) diberikan bekal ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap serta latihan oleh guru/ pembimbing KIR dalam melakukan kegiatan ilmiah, sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar secara langsung baik pada kegiatan pembelajaran di kelas maupun ekstrakurikuler KIR sains. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa MAN Brebes 1. Penelitian dilaksanakan di MAN Brebes 1 pada semester genap tahun ajaran 2010/ 2011. Sampel yang digunakan yaitu siswa anggota KIR dan bukan anggota KIR dari kelas X dan XI masing-masing sebanyak 20 siswa. Penelitian menggunakan rancangan Quasi Eksperimental Design dengan pola One-Shot Case Study. Data diperoleh dari siswa dan guru/ pembimbing KIR MAN Brebes 1 dengan menggunakan metode observasi berupa data aktivitas siswa, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah, sedangkan metode angket digunakan untuk memperoleh data tanggapan guru/ pembimbing dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa anggota KIR dan bukan anggota KIR memperoleh persentase keterampilan proses sains sebesar 81, 45% dan 74, 58% dengan kriteria terampil, sedangkan persentase sikap ilmiah sebesar 84, 16% dan 76, 25% dengan kriteria baik. Persentase dan kriteria yang diperoleh menunjukkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah yang dimiliki siswa anggota KIR lebih tinggi dari pada siswa bukan anggota KIR. Hasil tanggapan sangat positif diberikan oleh guru/ pembimbing dan siswa anggota KIR terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah pada kegiatan ekstrakurikuler KIR MAN Brebes 1. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler KIR berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa MAN Brebes 1. Saran diberikan kepada siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler KIR, serta pihak guru dan sekolah agar dapat meningkatkan kinerja dan fasilitas yang memadai demi kelancaran dan kemajuan kegiatan ekstrakurikuler KIR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), keterampilan proses sains, sikap ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 29 Dec 2011 09:26
Last Modified: 25 Apr 2015 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11268

Actions (login required)

View Item View Item