Penerapan Metode Praktikum Pembuatan Tekult pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Pencapaian Ketrampilan Proses Sains.

Ikha Yuniarti , 4401406573 (2011) Penerapan Metode Praktikum Pembuatan Tekult pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Pencapaian Ketrampilan Proses Sains. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Metode Praktikum Pembuatan Tekult pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Pencapaian Ketrampilan Proses Sains.) - Submitted Version
Download (3155Kb)

    Abstract

    Karakteristik dari belajar biologi yaitu berupaya untuk mengenal mahluk hidup dan proses kehidupannya di lingkungan, sehingga memerlukan pendekatan dan metode yang memberi ciri dan dasar kerja dalam pengembangan konsep. Pendekatan ketrampilan proses yang digunakan menekankan pada gaya dalam menyampaikan materi yang meliputi sifat, cakupan, dan prosedur kegiatan yang eksploratif, sehingga memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik. Sejauh ini pelaksanaan pembelajaran Biologi masih didominasi oleh kondisi kelas yang berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan karena ceramah masih menjadi pilihan utama guru dalam mengajar sehingga ketrampilan proses sains siswa tidak tercapai. Ketrampilan proses sains pada proses pembelajaran perlu diterapkan, oleh karena itu dipilih penerapan metode praktikum pembuatan tekult pada materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk pencapaian ketrampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Rembang kelas X pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010 / 2011. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas secara acak dari populasi 9 kelas yaitu kelas X A sampai X I. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X A dan X B. Kedua kelas tersebut diberikan penerapan pembelajaran dengan metode praktikum pembutan tekult pada materi Archaebacteria dan Eubacteria. Rancangan penelitian ini menggunakan pola One-Shot Case Study. Jenis ketrampilan proses sains siswa yang diamati meliputi ketrampilan siswa mengamati (observasi), merumuskan hipotesis, menentukan ruang dan waktu, dan berkomunikasi. Berdasarkan hasil pengamatan ketrampilan proses sains siswa mencapai ketuntasan klasikal sebesar ?70%, dan aktivitas siswa dalam kegiatan praktikum mencapai ketuntasan klasikal sebesar ?70%. Hasil belajar kelas X A mencapai rata-rata sebesar 79,32 dan kelas X B dengan rata-rata 79,94. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode praktikum tekult pada materi Archaebacteria dan Eubacteria ketrampilan proses sains siswa dapat tercapai. Saran yang dapat disampaikan yaitu penerapan metode praktikum menggunakan ketrampilan proses sains dapat diterapkan pada materi lain. Untuk menggali ketrampilan proses sains siswa pada materi Archaebacteria dan Eubacteria dapat menggunakan praktikum berbasis fermentasi lain. Untuk menggali ketrampilan proses sains menggunakan petunjuk praktikum yang dirancang dengan cermat dan menggunakan empat skill yaitu, safety skill, manipulative skill, thinking skill, laboratory skill.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: tekult, ketrampilan proses sains, Archaebacteria, Eubacteria
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Q Science > QR Microbiology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 29 Dec 2011 04:15
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:16

    Actions (login required)

    View Item