ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA : Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia (periode tahun 2006 � 2009).

Vivid Wicaksono , 3351404064 (2011) ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA : Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia (periode tahun 2006 � 2009). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA : Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia (periode tahun 2006 – 2009).) - Submitted Version
Download (931Kb)

    Abstract

    Perkembangan pasar modal yang pesat menciptakan berbagai peluang atau alternatif bagi investor. Disisi lain, perusahaan pencari dana harus bersaing dalam mendapatkan dana dari investor. Salah satu cara perusahaan untuk memperoleh dana ialah dengan menerbitkan dan menjual sahamnya kepada investor di pasar saham. Selaras dengan perumusan masalah, maka tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut memberikan bukti empiris tentang pengaruh perubahan Current Ratio (CR), Leverage Ratio (LR), Inventory Turnover (IT), Operating Profit Margin (OPM), dan Price Earning Ratio (PER) dalam memprediksi perubahan laba pada perusahaan manufaktur untuk periode satu tahun kedepan. Populasi sasaran dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan dilaporkan dalam Indonesian Capital Market Directory tahun 2006 sampai dengan tahun 2009, dengan teknik pengambilan sampel random sampling maka diperoleh sampel penelitian sebesar 59 perusahaan. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut terdapat pengaruh yang signifikan antara perubahan Leverage Ratio, Operating Profit Margin, dan Price Earning Ratio terhadap Perubahan laba, tidak terdapat pengaruh antara perubahan Current Ratio dan Inventory Turnover terhadap Perubahan laba dan nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,238, hal ini berarti variasi perubahan Perubahan laba (Y) dipengaruhi oleh perubahan Current ratio (X1), Leverage Ratio (X2), Inventory Turnover (X3), Operating Profit Margin (X4), dan Price Earning Ratio (PER) sebesar 23,8% sedangkan sisanya 76,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: CR, LR, IT, OPM, PER, Perubahan Laba, Akuntansi
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 29 Dec 2011 04:03
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:16

    Actions (login required)

    View Item