Kesesuaian Rancangan Evaluasi pada RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa Aspek Menulis Dialog Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Semarang Barat


Iin Indah Syafitri , 2102407192 (2011) Kesesuaian Rancangan Evaluasi pada RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa Aspek Menulis Dialog Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Semarang Barat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kesesuaian Rancangan Evaluasi pada RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa Aspek Menulis Dialog Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Semarang Barat]
Preview
PDF (Kesesuaian Rancangan Evaluasi pada RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa Aspek Menulis Dialog Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Semarang Barat) - Published Version
Download (301kB) | Preview

Abstract

viii ABSTRAK Syafitri, Iin Indah. 2011. Kesesuaian Rancangan Evaluasi pada RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa Aspek Menulis Dialog Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Semarang Barat. Skripsi. Pendidikan Bahasa Jawa. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Esti Sudi Utami B.A., M.Pd. Pembimbing II: Drs. Agus Yuwono, M.Si. Kata Kunci: pembelajaran bahasa Jawa, kesesuaian rancangan evaluasi, menulis dialog Rancangan pelaksanaan pembelajaran hakekatnya merupakan rencana jangka pendek untuk memperkirakan apa yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran. Guna mengetahui ketercapaian dalam proses belajar diperlukan evaluasi. Proses penilaian yang dilakukan tidak hanya pada akhir tetapi juga selama proses pembelajaran berlangsung. Evaluasi pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan rancangan agar tujuan dari kompetensi dasar tercapai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kesesuaian antara rancangan evaluasi pada RPP dengan pelaksanaan pembelajaran pada aspek menulis dialog kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Semarang Barat? dan Apakah hambatan yang dialami saat pelaksanaan evaluasi? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsi kesesuaian rancangan evaluasi dengan pelaksanaan pada aspek menulis dialog kelas VII SMP Negeri se- Kecamatan Semarang Barat dan mendeskripsi hambatan yang dialami dalam pelaksanaan evaluasi menulis dialog. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari RPP dan berasal dari guru bahasa Jawa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Semarang Barat. Data penelitian ini berupa rancangan evaluasi dan pelaksanaan evaluasi aspek menulis dialog kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Semarang Barat. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi menulis dialog yang dilaksanakan oleh guru bahasa Jawa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Semarang Barat menggunakan RPP sebagai acuan dalam pelaksanaan. Pelaksanaan evaluasi aspek menulis dialog yang sesuai dengan rancangan adalah evaluasi dengan teknik penilaian tertulis dan instrumen penilaian berupa uraian. Sedangkan pelaksanaan evaluasi yang tidak sesuai dengan rancangan pada aspek menulis dialog adalah evaluasi teknik unjuk kerja dengan instrumen penilaian uji petik prosedur. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, hambatan dalam pelaksanaan evaluasi aspek menulis dialog yang dialami oleh guru bahasa Jawa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Semarang Barat berkenaan dengan materi unggah-ungguh basa. Sedangkan hambatan yang dialami oleh siswa pada pelaksanaan evaluasi menulis dialog berkenaan dengan pilihan kata (diksi) dan penerapan ejaan. Hambatan lain pelaksanaan evaluasi adalah kurangnya motivasi siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa Saran yang dapat direkomendasikan adalah hendaknya guru melakukan evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan aspek yang akan dievaluasi agar tujuan dari kompetensi tersebut dapat tercapai. Diharapkan adanya penelitian lanjutan mengenai kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP ataupun variasi pengembangan RPP pada waktu pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Jawa, kesesuaian rancangan evaluasi, menulis dialog
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Dec 2011 02:08
Last Modified: 25 Apr 2015 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11263

Actions (login required)

View Item View Item