Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Dengan Pendekatan Reciprocal Teaching Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di SMP N 1 Warungasem Batang
Laila Zulfa , 4401407097 (2011) Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Dengan Pendekatan Reciprocal Teaching Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di SMP N 1 Warungasem Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Dengan Pendekatan Reciprocal Teaching Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di SMP N 1 Warungasem Batang)
- Submitted Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan KTSP menuntut guru agar kreatif dan memiliki strategi pembelajaran yang inovatif, serta mampu mengajak siswa untuk berperan aktif selama proses pembelajaran. Berdasarkan pengamatan, pembelajaran biologi yang berlangsung selama ini masih berpusat pada guru, metode mengajar masih di dominasi dengan metode ceramah dan belum memanfaatkan media pembelajaran yang menarik, sehingga siswa tidak termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMP N 1 Warungasem Batang, hasil belajar yang dicapai siswa masih rendah, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai Ulangan biologi materi pertumbuhan dan perkembangan Tahun ajaran 2010/2011 sebesar 68,5 dengan ketuntasan 65%. Salah satu alternatif mengatasi hal tersebut adalah menerapkan pembelajaran yang menggunakan media audio visual dengan pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan media audio visual dengan pendekatan reciprocal teaching pada materi pertumbuhan dan perkembangan efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 1 Warungasem. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Experiment Design dengan desain penelitian One-shot case study. Sampel penelitian adalah kelas VIIIC, VIIID dan VIII E dengan teknik Purposive Sampling, penelitian ini dibagi dalam 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam proses pembelajaran ≥75% siswa memperoleh kriteria keaktifan tinggi dan sangat tinggi, dan ≥75% dari seluruh siswa memperoleh nilai hasil belajar ≥70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa dengan kriteria keaktifan tinggi dan sangat tinggi adalah sebesar 88,54%. Hasil belajar menunjukkan ≥ 75 % dari seluruh siswa tuntas dengan KKM 70. Kinerja guru dari ketiga kelas menunjukan kategori sangat baik yaitu 92,3%. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran ini sebesar 90,62% dengan kriteria sangat baik Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual dengan pendekatan reciprocal teaching pada materi pertumbuhan dan perkembangan efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP N 1 Warungasem Batang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, media audio visual, Pendekatan Reciprocal Teaching,Materi Pertumbuhan dan Perkembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Dec 2011 04:44 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11261 |
Actions (login required)
View Item |