Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X SMK NEGERI 1 Jambu.
Nidawati Wahyu Pinasti , 1301406026 (2011) Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X SMK NEGERI 1 Jambu. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X SMK NEGERI 1 Jambu.)
- Submitted Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Siswa yang masih duduk di bangku SMA / SMK adalah siswa pada usia remaja, antara usia 15 – 17 tahun. Remaja adalah masa peralihan dari masa kanak – kanak yang penuh ketergantungan menuju masa pembentukan bertanggung jawab. Perubahan yang terjadi di masa remaja akan mempengaruhi perilaku individu. Pada masa remaja inilah siswa harus memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk melangkah karena aspek kepercayaan diri ini merupakan aspek yang sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian siswa. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan oleh setiap siswa, karena aspek kepercayaan diri ini mempengaruhi dalam setiap proses belajarnya, baik dalam belajar di kelas, di rumah atau di manapun. Adapun tujuan dalam penelitian ini : (1) Untuk mengetahui gambaran kondisi kepercayaan diri siswa SMK N 1 Jambu sebelum siswa mendapat layanan bimbingan kelompok; (2) Untuk mengetahui gambaran kondisi kepercayaan diri siswa SMK N 1 Jambu setelah siswa mendapatkan layanan bimbingan kelompok; (3) Untuk mengetahui apakah kepercayaan diri meningkat setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas X SMK N 1 Jambu yang berjumlah 216 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive random sampling atau pengambilan sampel acak (berdasarkan tujuan dan secara acak).Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologi dengan alatnya skala kepercayaan diri. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diperoleh Zhitung = 2, 803 dan Ztabel = 1,96 sehingga Zhitung > Ztabel. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan tingkat kepercayaan diri siswa kelas X SMK N 1 Jambu meningkat setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok. Dari hasil penelitian menunjukkan kepercayaan diri siswa sebelum memperoleh bimbingan kelompok 59.35% tergolong dalam kategori sedang dan setelah memperoleh bimbingan kelompok 63.09%, masuk dalam kategori sedang. Perbedaan tingkat penyesuaian diri kelayan sebelum dan sesudah bimbingan kelompok sebesar 3.65%. Simpulan dari penelitian ini adalah kepercayaan diri siswa kelas X SMK N 1 Jambu dapat meningkat setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar pihak sekolah memberikan jam masuk kelas kepada guru pembimbing agar dapat memberikan layanan bimbingan kelompok.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri, bimbingan kelompok, Counselling |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 H Social Sciences > HM Sociology |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Dec 2011 04:07 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11259 |
Actions (login required)
View Item |