Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Modal Pada Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah Tahun 2008

Aan Anwar Saroji, 7250406535 (2011) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Modal Pada Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah Tahun 2008. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Modal Pada Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah Tahun 2008)
Download (26Kb)

    Abstract

    SARI Aan, Anwar Saroji. 2010. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap Belanja Modal pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Tahun 2008. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Tarsis Tarmudji, M.M, Pembimbing II: Rediana Setiyani, S.Pd.,M.Si. Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Belanja Modal Kebijakan otonomi daerah ditandai dengan desentralisasi fiskal. Hal ini menuntut pemerintah daerah untuk lebih mandiri mengatur rumah tangga sendiri. Kemandirian ini dapat dilihat dari ketergantungan pemerintah daerah terhadap transfer pemerintah pusat, yang ditandai dengan adanya flypaper effect dimana belanja daerah lebih besar dari transfer dan lebih besar dari pendapatan sendiri. Akan tetapi, proporsi belanja modal masih jauh di bawah belanja rutin serta peningkatan DAU yang tidak sebanding dengan peningkatan belanja modal. Dari manajemen gap tersebut penelitian ini menguji secara simultan dan parsial pengaruh PAD dan DAU sebagai variabel independen serta belanja modal sebagai variabel dependen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh PAD dan DAU terhadap belanja modal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan realisasi APBD kabupaten/kota se-Jawa Tengah tahun 2007-2008 yaitu ada 35 kabupaten/kota. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga semua populasi diambil. Adapun variabel yang dalam penelitian ini adalah Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum sebagai variabel bebas serta Belanja Modal sebagai variabel terikat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder sehingga metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara PAD dan DAU dengan belanja modal pada Kabupaten/kota di Jawa Tengah tahun 2008 adalah sebesar 43,0 % sedangkan sisanya sebesar 57,0 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Untuk hasil uji secara parsial PAD tidak berpengaruh terhadap prediksi belanja modal, DAU berpengaruh terhadap prediksi Belanja Modal. Saran yang dapat diberikan yaitu untuk seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah diharapkan lebih giat dalam menggali potensi daerahnya terutama dalam kebijakan pajak dan retribusi daerah agar tidak terjadi flypaper effect, alokasi belanja modal diharapkan pada tahun berikutnya agar lebih ditingkatkan untuk menunjang pembangunan daerah. Untuk peneliti selanjutnya agar menambah periode waktu dan objek penelitian serta variabel lain diluar penelitian ini, seperti: Dana Bagi Hasil Pajak, Dana Alokasi Khusus.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Belanja Modal
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: toro mahasiswa fisika
    Date Deposited: 29 Dec 2011 02:09
    Last Modified: 29 Dec 2011 02:09

    Actions (login required)

    View Item