LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA


Eni Retnani, 4201406522 (2011) LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 11739_w.doc] Microsoft Word
Download (58kB)
[thumbnail of LEARNING MANAGEMENT SYSTEM  (LMS) SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA]
Preview
PDF (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA)
Download (26kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Retnani, Eni. 2010. Learning Management System (LMS) Sebagai Bahan Pembelajaran Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kogntif Siswa . Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Dr. Hartono, M.Pd. dan Isa Akhlis, Si. M.Si.. Kata Kunci: Kemandirian Belajar Siswa dan LMS Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat memberikan dampak yang besar dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi memberikan kemudahan-kemudahan dalam proses pencarian informasi dan dalam penggunaan media pembelajaran. Internet memiliki banyak fasilitas yang memungkinkan terbentuknya suatu sistem pendidikan baru yang lebih populer disebut dengan e-education (electronic education) atau e-learning (electronic learning). Salah satu contoh aplikasi e-learning adalah Course Management System (CMS) atau Learning Management System (LMS). Pada umumnya LMS memiliki banyak fitur akan tetapi tidak semua digunakan. Oleh karena itu dikembangkan sebuah LMS yang mempunyai fitur yang sederhana sesuai dengan kebutuhan. LMS yang dikembangkan ini diberi nama VLC (Virtual Learning Community). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LMS sebagai bahan pembelajaran mandiri dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Selain itu, peneliti juga meneliti kolerasi antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar kognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ambarawa tahun ajaran 2009/2010. Jenis Penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design dengan tipe Pre- test and Post- Test Group. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari tes dan data keandirian siswa yang diperoleh berdasarkan angket kemandirian belajar siswa. Hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggunakan uji Gain ternormalisasi dengan taraf signifikansi menggunakan uji-t satu pihak. Adanya hubungan antara kemandirian belajar dan hasil belajar dianalisis menggunakan korelasi r product moment. Berdasarkan analisis angket, dapat diketahui bahwa secara klasikal siswa dalam kategori mandiri dengan persentase kemandirian sebesar 62.0%. Sedangakan peningkatan hasil belajar kognitif berdasarkan uji gain adalah sebesar 0.29 Berdasarkan uji korelasi r product moment disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar siswa dan kemandirian belajar. Koefisien determinasi sebesar 78.09% menunjukan bahwa 78.09% hasil belajar kognitif siswa dipengaruhi oleh kemandirian belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah kepada guru agar menjadi pertimbangan tersendiri dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan pembelajaran mandiri. Pihak sekolah seharusnya menyediakan fasilitas internet yang lebih leluasa agar siswa mendapat kemudahan dalam mencari sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar Siswa dan LMS
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2011 07:09
Last Modified: 29 Dec 2011 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11235

Actions (login required)

View Item View Item