KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010


Sugiyono, 4101406581 (2011) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION  MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN  KONSEP PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS  VII SMP N 5 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010] Microsoft Word (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK Sugiyono. 2010. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Melalui Pemanfatan LKS Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Pokok Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP N 5 Ungaran Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA UNNES. Pembimbing I: Drs. Edy Soedjoko, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Masrukan, M.Si. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Kemampuan Pemahaman Konsep. Pembelajaran matematika mempunyai beberapa tujuan yang harus dicapai, diantaranya adalah mengembangkan kemampuan pemahaman konsep. Kemampuan pemahaman konsep yang baik adalah sangat penting karena untuk memahami konsep yang baru diperlukan prasyarat pemahaman konsep sebelumnya Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI melalui pemanfaatan LKS mencapai ketuntasan belajar, (2) apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI melalui pemanfaatan LKS lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif TAI tanpa LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar model pembelajaran kooperatif tipe TAI melalui pemanfaatan LKS dan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif TAI melalui pemanfaatan LKS lebih baik daripada tanpa LKS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 5 Ungaran tahun pelajaran 2009/2010, Sedangkan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis hipotesis pertama diperoleh zhitung = 0,769> ztabel = 0,17. Hal ini berarti lebih dari 85% peserta didik yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe TAI melalui pemanfaatan LKS mencapai ketuntasan. Hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh = 2,499 sedangkan nilai = 2,002. Telihat > maka Ho ditolak, artinya nilai rata-rata model pembelajaran TAI melalui peemanfaatan LKS lebih baik daripada tanpa LKS . Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan yaitu (1) kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh materi pembelajaran dengan TAI melalui pemanfaatan LKS mencapai ketuntasan, (2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh materi pembelajaran dengan TAI melalui pemanfaatan LKS lebih baik daripada pembelajaran tanpa LKS. Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif salah satumya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI, selain itu guru dapat menggunakan media pembelajaran yang berupa LKS, yang terbukti cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Kemampuan Pemahaman Konsep.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2011 07:09
Last Modified: 29 Dec 2011 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11234

Actions (login required)

View Item View Item