PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN MOODLE SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET DI SMP NEGERI 5 SEMARANG


Burhanuddin , 1102407029 (2011) PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN MOODLE SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET DI SMP NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN MOODLE SEBAGAI ALTERNATIF  MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET  DI SMP NEGERI 5 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN MOODLE SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET DI SMP NEGERI 5 SEMARANG) - Published Version
Download (897kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran yang baik tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran yang nantinya digunakan oleh masing-masing guru atau sekolah. E-learning merupakan salah satu media pembelajaran online yang banyak digunakan oleh lembaga pendidikan khususnya sekolah. Tetapi dalam kenyataannya sekarang, setelah penulis melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada tanggal 9 Agustus-30 Oktober 2010, e-learning di SMP Negeri 5 Semarang belum dikembangkan dan digunakan secara baik sebagai media pembelajaran berbasis internet. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan e-learning sekolah dengan CMS Moodle di SMP Negeri 5 Semarang dan kelayakan e-learning sebagai alternatif media pembelajaran berbasis internet. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Prosedur e-learning ini dikatakan sudah layak, karena sesuai dengan teori yang telah diterangkan sebelumnya dan kerangka berfikir yang ada yaitu dari mulai desain, produksi, sampai uji coba dari Ahli. Uji coba produk telah dilakukan kepada guru dan siswa dimana sebelumnya dilakukan kajian dari pakar materi dan pakar media terhadap produk. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-learning sekolah dengan CMS Moodle yang telah dikembangkan dapat dikatakan sudah baik. Hasilnya diolah secara deskriptif persentase. Hasil checklist yang dilihat dari 2 aspek yaitu desain pembelajaran dan komunikasi visual, menunjukan e-learning ini termasuk dalam kategori baik dengan persentase dalam desain pembelajaran, guru 89% dan siswa 82,13%. sedangkan dalam komunikasi visual, guru 87,35% dan siswa 80,3%. Untuk perbaikan dan penelitian selanjutnya, saran yang dapat diberikan adalah Pihak sekolah, juga diharapkan mampu merealisasikan ke dalam kurikulum sekolah, agar e-learning ini dapat selalu diakses dan digunakan oleh guru dan siswa untuk kepentingan pembelajaran. Selain itu, guru juga harus bisa senantiasa proaktif untuk menggunakan media ini secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-learning Sekolah dengan Moodle, Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Internet.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2011 01:04
Last Modified: 25 Apr 2015 08:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11225

Actions (login required)

View Item View Item