(ABSTRAK) PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA


SUPRI ARUM FAJAR P., 4201406578 (2011) (ABSTRAK) PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA) - Published Version
Download (60kB) | Preview

Abstract

Sikap ilmiah adalah sikap yang sangat berpengaruh terhadap pembelajaran, begitu juga dalam mata pelajaran fisika terutama yang berhubungan dengan percobaan. Kenyataan yang ada di SMAN 14 Semarang, siswa belum mampu menemukan sendiri konsep fisika yang telah dipelajari, siswa hanya menerapkan konsep-konsep yang diberikan oleh guru. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan adanya model pembelajaran yang bervariasi dan tidak monoton, salah satunya dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa SMAN 14 Semarang setelah diterapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 32 orang. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah sikap ilmiah dan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar diukur dengan lembar observasi psikomotorik dan afektif, sedangkan sikap ilmiah siswa diukur dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Pada siklus I dan siklus II hasil belajar aspek psikomotorik dan afektif secara klasikal belum tuntas, serta sikap ilmiah siswa juga belum begitu terlihat. Belum tuntasnya hasil belajar yang dicapai dikarenakan siswa belum terbiasa dengan pendekatan kontekstual. Kekurangan yang terdapat pada siklus I dan II menjadi pertimbangan untuk melakukan perbaikan pada siklus III. Maka pada siklus III ketuntasan belajar klasikal hasil belajar aspek psikomotorik dan afektif siswa sudah tuntas. Berdasarkan hasil analisis terjadi peningkatan tiap siklus, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat menumbuhkan sikap ilmiah pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sikap ilmiah, pendekatan kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2011 08:37
Last Modified: 19 Dec 2011 08:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11216

Actions (login required)

View Item View Item