(ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN GERAK DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KAYUPURING KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG


Sri Winarti, 6102909082 (2011) (ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN GERAK DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KAYUPURING KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN GERAK DALAM    PENJASORKES   MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN  PADA   SISWA  KELAS  IV  SD  NEGERI   KAYUPURING KECAMATAN GRABAG  KABUPATEN MAGELANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN GERAK DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KAYUPURING KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG) - Published Version
Download (127kB) | Preview

Abstract

Latar belakang permasalahan adalah kurangnya sarana prasarana dan belum pernah dilakukan tes keseimbangan gerak terhadap siswa SD Negeri Kayupuring Kec Garabag Kab. Magelang. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui keefektifan model pembelajaran keseimbangan gerak di lingkungan persawahan pada siswa kelas IV SD Negeri Kayupuring Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas IV di Sekolah Dasar Kayupurin berjumlah 40 siswa. Teknik penarikan sampel adalah total sampling karena jumlah anggota populasinya kurang dari 100 sehingga ke-40 siswa digunakan sebagai sampel. Untuk Uji Coba I (skala kecil) dilakukan tes keseimbangan bagi 20 anak dan Uji Coba II (skala besar) dilakukan tes keseimbangan bagi 40 anak. Pengumpulan data juga memakai teknik kuesioner untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran yang dilaksanakan. Teknik analisis data yang di gunakandalam penelitian pengembangan ini adalah menggunakan tehnik analisis deskriptif berbentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran keseimbangan gerak yang dilakukan di lingkungan persawahan bagi anak lebih baik (efektif) digunakan daripada di halaman sekolah pada siswa kelas IV SD Negeri Kayupuring Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2011 / 2012 sehingga model pembelajaran keseimbangan gerak yang dilakukan di lingkungan pesawahan dapat dijadikan prototipe produk bagi pembelajaran pendidikan jasmani. Saran pemanfaatan yang diajukan adalah (1) pelaksanaan pembelajaran keseimbangan gerak sebagai salah satu materi dalam Penjasorkes anak kelas IV sekolah dasar dapat dilaksanakan di luar halaman sekolah misalnya di lingkungan persawahan karena terbukti lebih efektif. (2) Penggunaan model pembelajaran penjasorkes yang efektif sebaiknya disesuaikan dengan materi pelajaran, karakteristik siswa, sarana dan prasarana sekolah serta kompetensi guru sehingga penggunaan model pembelajaran penjasorkes tidak selalu dilaksanakan di halaman sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keseimbangan gerak, model pembelajaran
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2011 07:30
Last Modified: 19 Dec 2011 07:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11204

Actions (login required)

View Item View Item