IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 UNGARAN
Durrotun Nafisah , 4401406537 (2011) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 UNGARAN)
- Published Version
Download (919kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Ungaran ternyata masih banyak kendala yang dihadapi oleh para siswanya, yaitu masalah kesulitan belajar. Salah satu mata pelajaran yang menyebabkan para siswa kelas IX ini mengalami kesulitan belajar yaitu mata pelajaran IPA Biologi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar IPA Biologi pada siswa SMP Negeri 5 Ungaran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas IX yang mempunyai nilai rata-rata IPA Biologi di bawah KKM yaitu <65, sedangkan nilai mata pelajaran lain (Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia) telah mencapai KKM (≥65), yaitu sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesulitan belajar IPA Biologi meliputi kesulitan dalam penulisan nama ilmiah (25 siswa), penggunaan istilah asing (22 siswa), materi yang berkaitan dengan perhitungan (26 siswa), dan konsep/materi yang bersifat abstrak (25 siswa). Strategi pembelajaran yang dapat mengurangi tingkat kesulitan belajar IPA Biologi meliputi; 1) kesulitan pada penulisan nama ilmiah dengan membiasakan mengucapkan/menulis/membaca nama ilmiah, menjelaskan histori dari nama ilmiah, dan menggunakan kamus Biologi, 2) kesulitan pada materi yang berkaitan dengan perhitungan dengan menggunakan diagram catur/digram garpu. Hasil angket tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ketuntasan hasil belajar IPA Biologi menunjukkan dari 28 siswa sebanyak 3 siswa memiliki tingkat kesulitan belajar dengan kriteria tinggi, 6 siswa dengan kriteria cukup rendah, 17 siswa dengan kriteria rendah, dan 2 siswa dengan kriteria sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar IPA Biologi yang dialami siswa kelas IX SMP Negeri 5 Ungaran meliputi kesulitan pada penulisan nama ilmiah, kesulitan pada penggunaan istilah asing, kesulitan pada materi yang berkaitan dengan perhitungan, dan kesulitan pada pemahaman konsep/materi yang bersifat abstrak. Faktor yang paling mempengaruhi ketuntasan hasil belajar IPA Biologi pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Ungaran yaitu faktor eksternal yaitu lingkungan masyarakat (79,3%).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identifikasi , kesulitan belajar, karakteristik IPA Biologi SMP, faktor kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2011 06:48 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11193 |
Actions (login required)
View Item |