PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA TANGAN DENGAN PENDEKATAN AREA PEPOHONAN DALAM PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KALIGARANG KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2011
Ita Kristiowati , 6102909037 (2011) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA TANGAN DENGAN PENDEKATAN AREA PEPOHONAN DALAM PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KALIGARANG KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA TANGAN DENGAN PENDEKATAN AREA PEPOHONAN DALAM PENJASORKES BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KALIGARANG KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2011)
- Published Version
Download (732kB) | Preview |
Abstract
Bentuk model pengembangan permainan bola tangan dengan dengan pendekatan lingkungan pepohonan yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD Negeri 3 Kaligarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran permainan bola tangan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melalakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi,termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan bola tangan), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama. revisi produk berdasarkan basil dan evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7)hasil akhir modifikasi model permainan sepakbola mini satu gawang untuk siswa kelas IV dan V SD Negeri 3 Kaligarang yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli Pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa putra Kelas V SD Negeri 3 Kaligarang), dan uji lapangan ( 22 siswa putra Kelas IV dan V SD Negeri 3 Kaligarang). Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektik siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 84 % (baik), ahli Pembelajaran I 80 % (baik), ahli Permbelajaran II 90,66 % (sangat baik), , uji coba kelompok kecil 86,33 % (baik), dan uji lapangan 88,93 % (baik). maka model permainan ini baik sebagai salah satu pengembangan model permainan bermain bola bagi kelas IV dan V siswa Sekolah Dasar. Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sepakbola melalui permainan bola tangan ini dapat digunakan bagi siswa kelas V SD Negeri 3 Kaligarang Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjasorkes SD untuk menggunakan produk model pembelajaran permainan bola besar melalui permainan bola tangan ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bola tangan, model pembelajaran |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2011 06:06 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11183 |
Actions (login required)
View Item |