(ABSTRAK) PENGARUH KOMPENSASI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI/AKUNTANSI SMA SE KOTA PATI


Eka Yuni Setyowati, 7101406068 (2010) (ABSTRAK) PENGARUH KOMPENSASI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI/AKUNTANSI SMA SE KOTA PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 12304_A.ps]
Preview
Postscript
Download (127kB) | Preview
[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH KOMPENSASI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI/AKUNTANSI SMA SE KOTA PATI]
Preview
Postscript ((ABSTRAK) PENGARUH KOMPENSASI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI/AKUNTANSI SMA SE KOTA PATI) - Published Version
Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal pada Pengawas SMA di Kantor Diknas Kabupaten Pati yang menunjukkan bahwa skor kinerja guru Ekonomi/Akuntansi tidak merata. Pada skor pengawas tersebut diketahui bahwa guru yang telah tersertifikasi memperoleh skor yang lebih besar. Guru pada sekolah negeri juga memperoleh skor yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sekolah swasta. Hal ini diduga karena adanya kompensasi berupa tunjangan profesi dari program sertifikasi dan sarana prasarana yang lengkap pada sekolah negeri. Hal ini yang melatarbelakangi penulis mengambil judul tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan sarana prasarana terhadap kinerja guru Ekonomi/Akuntansi SMA se-Kota Pati secara simultan, mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru secara parsial dan mengetahui pengaruh sarana prasarana terhadap kinerja guru secara parsial. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 32 guru Ekonomi/ Akuntansi SMA se-Kota Pati. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Metode pengumpulan data dengan metode angket dengan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata kinerja guru dalam kategori cukup, kompensasi dalam kategori cukup dan sarana prasarana rata-rata dalam kategori kurang. Hasil analisis regresi dengan SPSS 16.0 menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh secara simultan antara kompensasi dan sarana prasarana terhadap kinerja guru dengan koefisien determinasi sebesar 47,2%, terdapat pengaruh secara parsial antara kompensasi terhadap kinerja guru sebesar 29,26% dan terdapat pengaruh secara parsial antara sarana prasarana terhadap kinerja guru sebesar 20,79%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa kompensasi dan sarana prasarana secara signifikan mempengaruhi kinerja guru Ekonomi/Akuntansi SMA se-Kota Pati, baik secara simultan maupun parsial. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu, guru hendaknya terus meningkatkan kinerjanya. Pemerintah hendaknya menetapkan kebijakan kompensasi yang diterima guru untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Kepala sekolah hendaknya memberikan peluang yang seluas-luasnya untuk guru mengembangkan karirnya. Sekolah diharapkan dapat terus meningkatkan fasilitas sarana prasarana yang sesuai standar agar kinerja guru dapat ditingkatkan. Hal tersebut perlu dilakukan agar ke depan kinerja guru akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Kompensasi, Sarana Prasarana.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 19 Dec 2011 05:45
Last Modified: 19 Dec 2011 05:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item