Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Tegal melalui Reciprocal Teaching (Pembelajaran Berbalik)Tahun Ajaran 2010/2011


Moh. Arif , 4201405546 (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Tegal melalui Reciprocal Teaching (Pembelajaran Berbalik)Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Tegal melalui Reciprocal Teaching (Pembelajaran Berbalik)’’Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Tegal melalui Reciprocal Teaching (Pembelajaran Berbalik)’’Tahun Ajaran 2010/2011) - Submitted Version
Download (818kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dari suatu kegiatan belajar mengajar dapat diamati dari hasil belajar yang diperoleh setelah pembelajaran berlangsung. Salah satu faktor yang mempengaruhi baik dan buruknya hasil belajar yang diperoleh siswa adalah metode pembelajaran yang digunakan. Pada penelitian ini, peneliti berupaya meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah melalui metode Pembelajaran Berbalik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Tegal. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas Kontrol dan Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu penerapan metode pembelajaran berbalik dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh, pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran berbalik didapatkan rata-rata hasil postes mencapai 75,87 sedangkan pada kelas kontrol (pembelajaran konvensional), rata-rata hasil postes mencapai 69,13. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, diperoleh t hitung 3,121 dan t tabel 1,67. Oleh karena t berada di luar daerah Ho, maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbalik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran berbalik efektif dalam pembelajaran fisika materi kalor, pada kelas VIII SMP Muhammadiyah I Tegal sehingga dapat pula meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bahwa pembelajaran berbalik layak dikembangkan sebagai alternative metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran Berbalik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 19 Dec 2011 04:41
Last Modified: 25 Apr 2015 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11155

Actions (login required)

View Item View Item