KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBANTUAN JIGSAW PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PRISMA DAN LIMAS PADA SISWA KELAS VIII SMP N 12 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010”
Chikmatul Ummah, 4101406579 (2010) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBANTUAN JIGSAW PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PRISMA DAN LIMAS PADA SISWA KELAS VIII SMP N 12 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBANTUAN JIGSAW PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PRISMA DAN LIMAS PADA SISWA KELAS VIII SMP N 12 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010”)
- Published Version
Download (810kB) | Preview |
Abstract
Ummah, Chikmatul. 2010. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Berbantuan Jigsaw Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Prisma dan Limas pada Siswa Kelas VIII SMP N 12 Magelang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Mashuri, M.Si., dan Pembimbing II. Dra. Emi Pujiastuti, M.Pd Pembelajaran oleh guru yang kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat melibatkan siswa secara aktif, salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Selain model pembelajaran, agar proses pembelajaran tidak terkesan membosankan maka perlu digunakan media pembantu pembelajaran misalkan seperti LKS, alat peraga dan dapat pula diselingi dengan permainan, salah satu contohnya adalah menggunakan media jigsaw puzzle. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction berbantuan jigsaw puzzle materi prisma dan limas memenuhi KKM?, apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan jigsaw puzzle materi prisma dan limas lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional?, dan apakah persentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa SMP N 12 Magelang yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan jigsaw puzzle materi prisma dan limas lebih tinggi daripada persentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa SMP N 12 Magelang yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional?. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 12 Magelang dan dengan tehnik random sampling diperoleh sampel sebanyak dua kelompok yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan jigsaw puzzle sedangkan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen melebihi KKM, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dan persentase ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan persentase ketuntasan belajar siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction berbantuan jigsaw puzzle lebih efektif di bandingkan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, disarankan guru dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan jigsaw puzzle sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran PBI, Jigsaw puzzle, dan hasil belajar matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | Rizki Setiadi |
Date Deposited: | 19 Dec 2011 04:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11151 |
Actions (login required)
View Item |