(ABSTRAK) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMK KELAS X SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2010/2011 (STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH UNGARAN)


Karzuni, 201404599 (2011) (ABSTRAK) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMK KELAS X SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2010/2011 (STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH UNGARAN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS)  MATA PELAJARAN BAHASA  INDONESIA SMK KELAS X   SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2010/2011  (STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH UNGARAN)]
Preview
PDF ((ABSTRAK) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMK KELAS X SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2010/2011 (STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH UNGARAN)) - Published Version
Download (127kB) | Preview

Abstract

Evaluasi dalam proses pembelajaran adalah alat untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil evaluasi dapat dijadikan perbaikan dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran selanjutnya menjadi lebih baik. Soal tes perlu dikaji untuk mengetahui apakah soal-soal tersebut sudah memenuhi kriteria soal yang baik atau tidak, adapun kriteria soal yaitu kesesuaian soal dengan komptensi dasar, persebaran soal yang proporsi, valid, memiliki daya beda yang baik, memiliki tingkat kesukaran yang baik,dan efektifnya tingkat distraktor soal. Berdasarkan hasil observasi awal di SMK Muhammadiyah Ungaran diketahui bahwa soal ulangan akhir semester gasal yang digunakan untuk kelas X belum pernah dilakukan analisis. Soal ulangan akhir semester gasal tersebut dibuat oleh tim MGMP Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas butir soal ulangan akhir semester (UAS) mata pelajaran Bahasa Indonesia bila ditinjau dari segi (1) kesesuaian soal dengan kompetensi dasar pada kurikulum yang berlaku, (2) penyebaran soal, (3) validitas butir soal, (4) daya beda soal, (5)tingkat kesukaran soal dan (6) efektifitas distraktor soal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi siswa SMK Muhammadiyah Ungaran. Populasi yang digunakan adalah soal-soal UAS yang berjumlah 50 butir soal. Data yang dijadikan dokumen berupa soal ulangan akhir semester, kisi-kisi soal ulangan, kunci jawaban, lembar jawab siswa. Data ini bersumber dari siswa dan Guru SMK Muhammadiyah Ungaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman dokumentasi untuk menilai dan menganalisis soal yang telah dikerjakan berdasarkan jawaban siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu untuk mengetahui kesesuaian soal dengan kompetensi pada dasar pada kurikulum yang berlaku, Sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis penyebaran soal, analisis validitas butir soal, analisis daya beda soal, analisis tingkat kesukaran, dan analisis efektifitas disktraktor. Berdasarkan analisis kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan, ditemukan bahwa soal pilihan ganda untuk kelas X secara umum telah sesuai dengan kompetensi dasar yang berlaku, namun masih ada soal yang tidak terdapat dalam kompetensi dasar; penyebaran soal pada soal kelas X masih belum proporsional antara jenjang ingatan, pemahaman dan aplikasi; Validitas butir soal kelas X termasuk soal yang valid; Daya beda soal kelas X termasuk dalam kriteria jelek; Tingkat kesukaran untuk kelas X termasuk dalam kriteria mudah, termasuk dalam kriteria sukar. Efektitivitas distraktor soal kelas X termasuk dalam kriteria tidak efektif. Berdasarkan dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa soal-soal ulangan akhir semester akhir semester gasal kelas X yang dipakai di SMK Muhammadiyah Ungaran termasuk dalam kriteria yang rendah kualitasnya. Oleh karena itu peneliti memberikan saran agar guru dan tim pembuat soal melakukan evaluasi hasil belajar, baik melalui penyusunan kisi-kisi soal maupun analisis terhadap butir soal sebelum dan sesudah tes. Mengacu pada penelitian ini, soal yang telah memenuhi kriteria dijadikan sebagai bank soal dan soal yang belum memenuhi cukup kriteria sebagai soal yang baik agar dilakukan perbaikan sehingga mendapatkan soal yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Ulangan akhir Semester Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2011 03:56
Last Modified: 19 Dec 2011 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11149

Actions (login required)

View Item View Item