Hubungan Antara Perilaku Kesehatan Dengan Kejadian Luar Biasa Keracunan Makanan Jamur Merang (Studi Kasus di Desa Dukuh Wringin Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal)


Fadi Abdul Rakhman , 6450406007 (2011) Hubungan Antara Perilaku Kesehatan Dengan Kejadian Luar Biasa Keracunan Makanan Jamur Merang (Studi Kasus di Desa Dukuh Wringin Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Antara Perilaku Kesehatan Dengan Kejadian Luar Biasa Keracunan Makanan Jamur Merang (Studi Kasus di Desa Dukuh Wringin Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal)]
Preview
PDF (Hubungan Antara Perilaku Kesehatan Dengan Kejadian Luar Biasa Keracunan Makanan Jamur Merang (Studi Kasus di Desa Dukuh Wringin Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal)) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab utama kematian dan kesakitan di Indonesia adalah penyakit yang disebabkan oleh pangan. Pangan merupakan jalur utama penyebaran patogen dan toksin yang diproduksi oleh mikroba patogen. Berdasarkan data Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit dan keracunan yang dihimpun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, selama kurun waktu tahun 2009 hingga akhir 2010, terdapat 150 penderita kasus keracunan makanan di Kabupaten Tegal Jenis penelitian adalah observasional yang bersifat analitik, dengan metode survei dengan rancangan case control. Populasi dalam penelitian ini adalah warga desa Dukuhwringin Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal yang menderita kasus keracunan makanan jamur merang tahun 2010 berjumlah 10 warga dan Sampel penelitian sejumlah 10 warga. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat(menggunakan uji chi square dan uji alternatif kolmogorov smirnov). Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan antara penyimpanan bahan pangan (P=0,004), pengolahan makanan (P=0,014), penyajian makanan (P=0,004) dengan kejadian luar biasa keracunan makanan jamur merang di Desa Dukuh Wringin Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal serta tidak ada hubungan antara pemilihan bahan mentah (P=0,134), penyimpanan makanan (P=0,216), mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan (P=0,796) dengan kejadian luar biasa keracunan makanan jamur merang di Desa Dukuh Wringin Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Perlu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat agar warga miskin semakin berkurang dan perlu diadakannya upaya terus menerus penyuluhan tentang pentingnya hygiene dan sanitasi makanan agar tidak terjadi lagi kasus keracunan makanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Kesehatan, Kejadian Luar Biasa Keracunan Makanan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 19 Dec 2011 03:52
Last Modified: 25 Apr 2015 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11145

Actions (login required)

View Item View Item