(ABSTRAK) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Eli Oktaviana, 4401407073 (2011) (ABSTRAK) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN) - Published Version
Download (209Kb)

    Abstract

    Secara teoritis, model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam pendekatan Jelajah Alam Sekitar mendorong siswa untuk mengorganisasikan kerja proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Kemampuan berpikir kritis secara teori berhubungan dengan hasil belajar yang dicapai siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi Pengelolaan Lingkungan dan hubungan antara kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar di SMP 13 Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP 13 Magelang yang berjumlah 251 siswa dan terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, VIIF, VIIG, dan VIIF. Sampel yang digunakan dalam penelitian diambil dengan teknik convinience sampling yaitu siswa kelas VII H yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis Multiple Analysis of Variance diperoleh nilai F= 4,77 dan nilai P<0,05. Hal tersebut berarti model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam pendekatan Jelajah Alam Sekitar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar karena terdapat kerja proyek, proses sains, pembiasaan berpikir, dan interaksi siswa dengan lingkungan di dalam proses pembelajaran. Hasil analisis regresi untuk hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar di kelas eksperimen diperoleh persamaan regresi y=12,047 + 0,326 x sedangkan di kelas kontrol y = 10,500 + 0,384 x. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh r=0,421 di kelas eksperimen dan r=0,396 di kelas kontrol yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam pendekatan Jelajah Alam Sekitar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan pengaruh sebesar 99,1% yang diperoleh dengan nilai Partial Eta Squared sebesar 0,991. Kemampuan berpikir kritis mempengaruhi 19,3% hasil belajar di kelas eksperimen dan 15,7% di kelas kontrol yang diperoleh dari nilai koefisien determinasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek , Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 18 Dec 2011 20:59
    Last Modified: 18 Dec 2011 20:59

    Actions (login required)

    View Item