MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BASKET MODIFIKASI DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN LUAR SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 BAKALAN KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA


DUWUNG PRAKOSO , 6102909048 (2011) MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BASKET MODIFIKASI DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN LUAR SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 BAKALAN KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BASKET MODIFIKASI DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN LUAR SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 BAKALAN KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BASKET MODIFIKASI DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN LUAR SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 BAKALAN KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Download (878kB) | Preview

Abstract

Bagaimana model pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola basket yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas atas SD Negeri di 4 Bakalan Kabupaten Kalinyamatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola basket modifikasi bagi siswa kelas atas SD Negeri di 4 Bakalan Kabupaten Kalinyamatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan bola basket modifikasi), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil ( 12 siswa . Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan ( 25 siswa ), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran sepakbola melalui permainan bola baset modifikasi bagi siswa SD Negeri di 4 Bakalan yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa Kelas atas SD Negeri 4 Bakalan), dan uji lapangan (25 siswa SD Negeri 4 Bakalan). Data analisis dari evaluasi ahli penjas, dapat rata-rata penilaian88,00 %. Hasil analisis dari data evaluasi ahli penjas I, dapat rata-rata penilaian 85,03 %. Hasil analisis dari evaluasi ahli penjas II, dapat rata-rata penilaian 81,03 % Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan model pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola basket modifikasi baik, mencapai nilai rata-rata 86%. Sehingga hasil pengembangan efektif dalam pembelajaran penjasorkes kelas atas SD Negeri 4 di Bakalan. Dapat disarankan bagi guru penjasorkes SD Negeri 4 di Bakalan bisa memanfaatkan model pengembangan model pembelajaran ini dan dapat menambahkan variasi-variasi lain dalam pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bola basket, model pembelajaran
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2011 01:38
Last Modified: 25 Apr 2015 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11132

Actions (login required)

View Item View Item