Keefektifan Penggunaan Modul Interaktif terhadap Hasil belajar kompetensi Sistem Bahan Bakar Motor Bensin siswa kelas XI Mekanik Otomotif SMK NU Hasyim Asy’ari tarub kab. Tegal tahun Ajaran 2009/2010

Imron Rosyadi Khaerun, 5201405516 (2010) Keefektifan Penggunaan Modul Interaktif terhadap Hasil belajar kompetensi Sistem Bahan Bakar Motor Bensin siswa kelas XI Mekanik Otomotif SMK NU Hasyim Asy’ari tarub kab. Tegal tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Imron Rosyadi, 2010. “ Keefektifan Penggunaan Modul Interaktif terhadap Hasil belajar kompetensi Sistem Bahan Bakar Motor Bensin siswa kelas XI Mekanik Otomotif SMK NU Hasyim Asy’ari tarub kab. Tegal tahun Ajaran 2009/2010 ”. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik.Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : keefektifan, modul pembelajaran, interaktif, hasil belajar. Modul Pembelajaran Interkatif merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran yang didalamnya melibatkan alat dan perlengkapan yang menunjang dalam penggunakan modul interaktif. Program ini digunakan untuk membantu siswa dalam belajar, untuk mengakses lebih lengkapnya dihubungkan dengan jaringan internet atau menggunakan media CD-ROM yang sudah ada program flash nya. Kompetensi Sistem Bahan Bakar Bensin yang disampaikan dengan menggunakan Modul Pembelajaran Interaktif akan memudahkan siswa dalam memahami dan menangkap pelajaran tersebut, karena dengan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut maka akan didapatkan cara belajar yang lebih efektif dan efisien. Penggunaan Modul Pembelajaran Interkatif diukur keefektifanya terhadap hasil / prestasi belajar siswa pada kompetensi sistem bahan bakar bensin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan Modul Pembelajaran Interkatif terhadap hasil / prestasi belajar siswa pada kompetensi sistem bahan bakar bensin. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian jenis eksperimen yang sebenarnya dengan pola pretest - posttest control group design, sedangkan fokus penelitiannya untuk mengetahui seberapa besar keefektifan hasil belajar siswa setelah menggunakan Modul Pembelajaran Interkatif pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Bensin. Lokasi penelitian ini adalah di Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub Tegal. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, observasi, dan metode tes. Pembelajaran dengan menggunakan Modul Pembelajaran Interkatif telah diujicobakan pada satu kelas sebagai kelas eksperimen, dan tanpa menggunakan Modul Pembelajaran Interaktif telah diujicobakan pada satu kelas sebagai kelas kontrol dari Jurusan Teknik Mekanik Otomotif di SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Bensin dengan menggunakan Modul Pembelajaran Interkatif mengalami kenaikan sebesar 51.38 %, sedangkan pembelajaran tanpa menggunakan Modul Pembelajaran Interkatif (Konvensional) mengalami kenaikan hanya 38.62%. selisih antara kedua kelompok yaitu 12.76%. Penggunaan Modul Pembelajaran Interkatif ini diharapkan dikombinasikan dengan metode - metode pembelajaran berbasis multimedia yang lain dengan pokok bahasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, modul pembelajaran, interaktif, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: adhi mahasiswa fisika
Date Deposited: 18 Dec 2011 18:25
Last Modified: 18 Dec 2011 18:25

Actions (login required)

View Item