Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan CD Pembelajaran dan LKS terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 Subah pada Materi Segitiga.


Masadah, 4101406015 (2010) Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan CD Pembelajaran dan LKS terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 Subah pada Materi Segitiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan CD Pembelajaran dan LKS terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 Subah pada Materi Segitiga.] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan CD Pembelajaran dan LKS terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 Subah pada Materi Segitiga.) - Published Version
Download (56kB)

Abstract

Masadah. 2010. Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan CD Pembelajaran dan LKS terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 Subah pada Materi Segitiga. Skripsi, Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas N Semarang. Pembimbing I : Drs. Darmo, Pembimbing II : Dra. Emi Pujiastuti, M.Pd. Kata kunci: Quantum Teaching, CD Pembelajaran, LKS, Hasil Belajar Matematika, Segitiga Siswa SMP N 2 Subah masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Sebanyak 33,3% hasil belajar materi segitiga siswa kelas VII SMP N 2 Subah belum mencapai KKM yaitu 53. Model pembelajaran Quantum Teaching merupakan model pembelajaran yang menciptakan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga siswa dapat berkonsentrasi penuh terhadap materi yang sedang dipelajari. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan CD pembelajaran dan LKS merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mempermudah siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalam materi segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Quantum teaching berbantuan CD pembelajaran dan LKS dilihat dari hasil belajar yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru yang ingin menerapkan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran Quantum teaching berbantuan CD pembelajaran dan LKS terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Subah. Dengan teknik random sampling diambil dua kelas sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes hasil belajar kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa 86,486% siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Quantum teaching berbantuan CD pembelajaran dan LKS tuntas dalam pelajaran matematika materi segitiga. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Quantum teaching berbantuan CD pembelajaran dan LKS yakni 74,027 lebih dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan CTL berbantuan alat peraga yakni 67,838 serta persentase ketuntasan belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Quantum teaching berbantuan CD pembelajaran dan LKS yakni 86,49% lebih dari persentase ketuntasan belajar siswa yang diajar dengan CTL yakni 72,97%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum teaching berbantuan CD pembelajaran dan LKS efektif terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP N 2 Subah pada materi segitiga. Oleh karena itu, guru perlu menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan CD pembelajaran dan LKS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, CD Pembelajaran, LKS, Hasil Belajar Matematika, Segitiga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2011 23:26
Last Modified: 18 Dec 2011 23:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11122

Actions (login required)

View Item View Item