Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pengapian Full Transistor Menggunakan Media Peraga Distributor Board Panel pada Perkuliahan Kelistrikan Otomotif Mahasiswa Program Diploma (D3) Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang.


Nursamsudin, 5201406030 (2010) Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pengapian Full Transistor Menggunakan Media Peraga Distributor Board Panel pada Perkuliahan Kelistrikan Otomotif Mahasiswa Program Diploma (D3) Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pengapian Full Transistor Menggunakan Media Peraga Distributor Board Panel pada Perkuliahan Kelistrikan Otomotif Mahasiswa Program Diploma (D3) Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang.]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pengapian Full Transistor Menggunakan Media Peraga Distributor Board Panel pada Perkuliahan Kelistrikan Otomotif Mahasiswa Program Diploma (D3) Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang.) - Published Version
Download (223kB) | Preview

Abstract

Nursamsudin. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Sistem Pengapian Full Transistor Menggunakan Media Peraga Distributor Board Panel pada Perkuliahan Kelistrikan Otomotif Mahasiswa Program Diploma (D3) Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Skripsi, samsudinrembank@yahoo.co.id. Jurusan Teknik Mesin, Fakutas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang peningkatan hasil belajar mahasiswa tentang sistem pengapian full transistor jika menggunakan media peraga distributor board panel pada perkuliahan kelistrikan otomotif Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media peraga distributor board panel dan mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa tentang sistem pengapian full transistor setelah menggunakan media peraga distributor board panel pada perkuliahan kelistrikan otomotif mahasiswa program diploma (D3) Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang tahun 2009/2010. Dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang semu/Quasi Eksperiment Design dengan pola pre test-post test one group design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program diploma (D3) Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang mengikuti mata kuliah kelistrikan otomotif tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 100 mahasiswa dan terbagi dalam 3 (tiga) rombongan belajar (rombel). Karena populasi penelitian ini terbagi dalam 3 (tiga) rombongan belajar (rombel), peneliti mengambil satu rombel dari tiga rombel yang ada yaitu rombel 02 sebanyak 36 mahasiswa dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan antara hasil belajar tentang sistem pengapain full transistor sebelum dan setelah menggunakan media peraga distributor board panel pada perkuliahan kelistrikan otomotif mahasiswa program diploma (D3). Hal itu terlihat pada hasil nilai rata-rata sebelum menggunakan media peraga distributor board panel (pre test) sebesar 44,46 dan nilai rata-rata setelah menggunakan media peraga distributor board panel (post test) sebesar 72,42. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media peraga distributor board panel tentang sistem pengapian full transistor telah berjalan dengan baik karena hasil belajar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan kelistrikan otomotif mengalami peningkatan sebesar 25,98 atau 55,94 % dari sebelum menggunakan media peraga distributor board panel. Sebagai tindak lanjut kedepannya dalam penggunaan media peraga ini sebaiknya proses pembelajaran dilaksanakan dengan sistem kelompok sehingga pembelajaran lebih efektif dan dapat mengcover peserta perkuliahan yang ada serta diperoleh hasil belajar yang lebih optimal. Kata kunci: peningkatan hasil belajar, media peraga distributor board panel, sistem pengapian full transistor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peningkatan hasil belajar, media peraga distributor board panel, sistem pengapian full transistor.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2011 23:27
Last Modified: 18 Dec 2011 23:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11111

Actions (login required)

View Item View Item