PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN BANTUAN QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA


kiki Wijayanti, 4301406028 (2009) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN BANTUAN QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN BANTUAN QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA] Microsoft Word (PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN BANTUAN QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA) - Published Version
Download (57kB)

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dengan media pembelajaran yang monoton akan membuat siswa merasa bosan dan jenuh serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran juga akan rendah. Hal ini membuat hasil belajar siswa rendah. Hasil belajar yang rendah dapat dilihat dari nilai hasil ulangan akhir semester I yang menunjukan hanya 57% siswa yang dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran scramble dengan bantuan question card terhadap hasil belajar kimia materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Pemalang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Dari hasil random diperoleh kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajarn scramble dengan bantuan question card sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia siswa SMA materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, tes, angket dan observasi. Analisis data terdiri atas analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Analisis tahap awal yaitu uji homogenitas sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji hipotesis penelitian, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis data hasil angket dan observasi. Berdasarkan uji normalitas dengan taraf signifikan 5%, diperoleh 2hitung kelompok eksperimen= 2,414 dan kelompok kontrol= 4,155 dengan 2tabel = 7,815. Distribusi data tersebut tidak berbeda dengan distribusi normal, karena 2hitung < 2tabel. Pada uji hipotesis, diperoleh harga koefisien rb sebesar 0,613. Uji Signifikansi harga rb menunjukan thitung= 5,297 dan ttabel= 1,987, karena thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran scramble dengan bantuan Question card berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Pada proses pembelajaran diharapkan guru dapat memanfaatkan metode pembelajaran Scramble dengan media pembelajaran Question Card pada materi yang lain untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Kata kunci: pengaruh, scramble, question card, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, scramble, question card, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2011 23:27
Last Modified: 18 Dec 2011 23:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11105

Actions (login required)

View Item View Item