MODEL PEMBELAJARAN ROLL DEPAN DALAM PENJASORKESMELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHANDENGAN MENGGUNAKAN TUMPUKAN JERAMI SEBAGAI MATRAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI REJOSARI 2 KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK


Dewi Eko Murtianasari , 6102909066 (2011) MODEL PEMBELAJARAN ROLL DEPAN DALAM PENJASORKESMELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHANDENGAN MENGGUNAKAN TUMPUKAN JERAMI SEBAGAI MATRAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI REJOSARI 2 KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN ROLL DEPAN DALAM PENJASORKESMELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHANDENGAN MENGGUNAKAN TUMPUKAN JERAMI SEBAGAI MATRAS PADA SISWA  KELAS V SD NEGERI REJOSARI 2 KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN ROLL DEPAN DALAM PENJASORKESMELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHANDENGAN MENGGUNAKAN TUMPUKAN JERAMI SEBAGAI MATRAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI REJOSARI 2 KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bagaimana model pengembangan pembelajaran Roll Depan Dalam Penjasorkes dengan Menggunakan Tumpukan Jerami sebagai Matras pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejosari 2 di Karangawen kabupaten Demak. Tujuanpenelitian iniuntuk mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran Roll Depan Dalam Penjasorkes Menggunakan Tumpukan Jerami sebagai Matras pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejosari 2 di Karangawen Kabupaten Demak Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa modelpembelajaran Roll Depan Menggunakan Tumpukan Jerami sebagai Matras), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satuahli Penjas danduaahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil ( 10 siswa . Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan ( 30 siswa ), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran Roll Depan Dalam Penjasorkes Menggunakan Tumpukan Jerami sebagai Matras pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejosari 2 di Karangawen yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satuahli Penjas dandua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa Kelas V SD Negeri 5 Rejosari 2), dan uji lapangan (25 siswa SD Negeri Rejosari 2). Hasil analisis data dari evaluasi ahli Penjas, didapat rata-rata penilaian 97,33 %.Hasil analisis data dari evaluasi ahli Pembelajaran I, didapat rata-rata penilaian 93,33 % .Hasil analisis data dari evaluasi ahli Pembelajaran II, didapat rata-rata penilaian90,66 %.Hasil analisis data uji coba kelompok kecil didapat persentase pilihan jawaban yang sesuai 86,66 %.Hasil analisis data uji coba lapangan didapat persentase pilihan jawaban yang sesuai 90,26 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan model pembelajaran penjasorkes Roll Depan Menggunakan Tumpukan Jerami sebagai Matras Sangat baik,Sehingga hasil pengembangan efektif dalam pembelajaran penjasorkes kelas V SD N Rejosari 2. Dapat disarankan bagi guru penjasorkes SD Negeri di Karangawen bisa memanfaatkan model pengembangan pembelajaran ini dan dapat menambahkan variasi-variasi lain dalam pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: atletik, roll depan
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2011 03:47
Last Modified: 25 Apr 2015 08:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item