MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN KEBUN PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI GIRIWETAN KEC. GRABAG KAB. MAGELANG
Raswati Harini, 61029090 (2011) MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN KEBUN PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI GIRIWETAN KEC. GRABAG KAB. MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN KEBUN PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI GIRIWETAN KEC. GRABAG KAB. MAGELANG)
- Published Version
Download (401kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang permasalahan adalah model pembelajaran Penjasorkes merupakan salah satu upaya membantu penyelesaian permasalahan terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran Penjasorkes di sekolah. Masalah yang dikaji dalam penelitian adalah bagaimana bagaimanakah model pembelajaran passing bawah bola digantung pada permainan bola voli melalui Pendekatan Lingkungan Perkebunan pada Siswa kelas IV dan V SD Negeri Giriwetan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran pasing bawah dalam bola voli melalui pendekatan lingkungan kebun pada siswa kelas IV dan V SD Negeri Giriwetan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan metode dengan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IV dan kelas V di SD N Giriwetan berjumlah 54 anak dimana kelas IV sejumlah 20 siswa sebagai kelas Uji Coba I dan kelas V sejumlah 34 sebagai kelas Ujicoba II. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) model pembelajaran passing bawah dengan bola digantung melalui pendekatan lingkungan perkebunan dapat digunakan sebagai model pembelajaran bola voli dalam penjasorkes siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Giriwetan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) Respon siswa terhadap model pembelajaran passing bawah bola voli dengan bola digantung melalui pendekatan lingkungan perkebunan pada siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Giriwetan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012 secara umum termasuk dalam kategori baik. Saran yang diajukan peneliti adalah (1) Bahwa latihan passing bawah bola digantung dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran passing bawah dalam pembelajaran bola voli bagi siswa Kelas IV dan V SD Negeri Giriwetan Kec. Grabag Kab. Magelang (2) penggunaan model pembelajaran penjasorkes dalam pembelajaran bola voli khususnya pada teknik passing bawah bola digantung sebaiknya disesuaikan dengan alokasi waktu, pertumbuhan dan perkembangan anak, kreativitas guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan serta sarana dan prasarana yang ada di sekolah sehingga dapat menciptakan proses belajar mengajar yang efektif yang pada akhirnya diharapkan hasil belajar siswa menjadi maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bola voli, passing bawah |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 16 Dec 2011 03:34 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11096 |
Actions (login required)
View Item |