MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PERMAINAN BOLA KERANJANG PADA SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO 04 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011


FANDI AHMAD, 6102909119 (2011) MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PERMAINAN BOLA KERANJANG PADA SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO 04 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PERMAINAN BOLA KERANJANG PADA SISWA KELAS V  SDN SIDOMULYO 04 KECAMATAN UNGARAN TIMUR  KABUPATEN SEMARANG  TAHUN 2011]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PERMAINAN BOLA KERANJANG PADA SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO 04 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011) - Published Version
Download (916kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan gerak dan keterampilan berbagai macam permainan dan olahraga, mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain, mampu mengisi waktu luang dengan aktifitas jasmani yang bersifat rekreatif. Permasalahan dari penelitian ini adalah Bagaimana model pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola keranjang SD Negeri Sidomulyo 4 Kec. Ungaran Timur - Kab. Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola keranjang bagi siswa kelas atas SD Negeri Sidomulyo 4 Kec. Ungaran Timur. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan bola basket modifikasi), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil ( 12 siswa . Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan ( 35 siswa ), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran modifikasi basket bagi siswa SD Negeri Sidomulyo 4 Kec. Ungaran Timur yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (12 siswa Kelas atas SD Negeri Sidomulyo 4 Kec. Ungaran Timur), dan uji lapangan (35 siswa SD Negeri Sidomulyo 4 Kec. Ungaran Timur). Data analisis dari evaluasi ahli penjas, dapat rata-rata penilaian88,00 %. Hasil analisis dari data evaluasi ahli penjas I, dapat rata-rata penilaian 85,03 %. Hasil analisis dari evaluasi ahli penjas II, dapat rata-rata penilaian 81,03 % Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan model pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola basket modifikasi baik, mencapai nilai rata-rata 86%. Sehingga hasil pengembangan efektif dalam pembelajaran penjasorkes kelas atas SD Negeri Sidomulyo 4 Kec. Ungaran Timur - Kab. Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bola basket. bola keranjang
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2011 02:40
Last Modified: 25 Apr 2015 08:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11092

Actions (login required)

View Item View Item