PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN TEMBAK KAKI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TRETEP KECAMATAN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2011


Arif Setiawan , 6102909123 (2011) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN TEMBAK KAKI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TRETEP KECAMATAN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN TEMBAK KAKI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TRETEP KECAMATAN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG  TAHUN 2011]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN TEMBAK KAKI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TRETEP KECAMATAN TRETEP KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang berkembangnya proses belajar mengajar penjasorkes di sekolah adalah, terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia di sekolah, baik terbatas secara kuantitas maupun kualitasnya. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana menciptakan model pembelajaran sepakbola tembak kaki pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran sepak bola melalui permainan tembak kaki bagi siswa kelas V Sekolah Dasar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari borg & Gall yang telah dimodifikasi, Yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan (2) mengembangkan produk awal (berupa model permainan tembak kaki), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuisioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran sepakbola melalui permainan tembak kaki pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tretep yang dihasilkan melalui uji lapangan. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri Tretep yaitu untuk uji coba kelompok kecil (16 siswa SD Negeri Tretep) dan uji lapangan (34 siswa kelas V SD Negeri Tretep). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Presentase. Berdasarkan hasil evaluasi jawaban dari aspek psikomotorik, koknitif dan afektif diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 80% (baik), ahli pembelajaran I 82,66% (baik), ahli pembelajaran II 80% (baik), Uji coba kelompok kecil 93,95 (sangat baik) dan uji lapangan 96%(sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa Permainan tembak kaki sebagai pengenalan tendangan dalam pembelajaran sepakbola dapat digunakan bagi siswa kelas V SD Negeri Tretep Berdasarkan hasil penelitian diatas, direkomendasikan bagi guru pendidikan jasmani di Sekolah dasar untuk dapat menggunakan produk permainan tembak kaki pada siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sepak bola, tembak kaki
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2011 01:04
Last Modified: 25 Apr 2015 08:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11088

Actions (login required)

View Item View Item