Pemanfaatan Perkebunan Karet Sebagai Sumber Belajar Materi Ekosistem Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) di SMPN 1 Pabelan Salatiga.


Habibatusy Syarifah , 4401406530 (2011) Pemanfaatan Perkebunan Karet Sebagai Sumber Belajar Materi Ekosistem Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) di SMPN 1 Pabelan Salatiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Perkebunan Karet Sebagai Sumber Belajar Materi Ekosistem Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) di SMPN 1 Pabelan Salatiga.]
Preview
PDF (Pemanfaatan Perkebunan Karet Sebagai Sumber Belajar Materi Ekosistem Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) di SMPN 1 Pabelan Salatiga.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar dan hasil belajar menentukan kualitas pembelajaran. Apabila proses dan hasilnya baik, maka dapat dikatakan bahwa kualitas pembelajarannya juga baik. Kualitas pembelajaran yang baik dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Karakteristik ilmu biologi adalah materi yang berkaitan dengan obyek nyata, sehingga siswa membutuhkan obyek yang konkrit untuk belajar. SMPN 1 Pabelan terletak diantara perkebunan karet yang luas dan daerah persawahan. Lingkungan sekolah tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran dengan pendekatan JAS. Dengan pembelajaran berpendekatan JAS siswa dapat membangun pemahaman dari pengamatan langsung yang lebih mudah dipahami daripada hanya uraian lisan guru, apalagi peserta didik masih berada pada tingkat berfikir konkrit. Penelitian eksperimen dengan desain One Shoot Case Study ini dilakukan di kelas VIIB dan VIIC SMPN 1 Pabelan Salatiga tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini terdiri atas 2 tahap, yaitu persiapan dan pelaksanaan. Tahap persiapan meliputi observasi awal, penentuan model pembelajaran, pembuatan instrumen penelitian dan analisis instrumen soal. Analisis instrumen soal yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran butir soal, dan daya pembeda. Tahap pelaksanaan meliputi pelaksanaan proses pembelajaran, pengamatan aktifitas siswa selama pembelajaran, evaluasi, pengisian angket oleh siswa dan wawancara terhadap guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara klasikal keaktifan siswa tergolong dalam kategori aktif dan sangat aktif, dengan persentase 94,4% pada kelas VIIB dan 94,3% pada kelas VIIC. Dan pada hasil belajar, siswa mendapatkan nilai akhir ≥70, dengan persentase 91,43% pada kelas VIIB dan 94,29% pada kelas VIIC.. Disimpulkan bahwa pemanfaatan perkebunan karet sebagai sumber belajar ekosistem berpendekatan jelajah alam sekitar (JAS) dapat mengoptimalkan aktifitas dan hasil belajar siswa SMPN 1 Pabelan Salatiga, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jelajah Alam Sekitar (JAS), Perkebunan Karet, Ekosistem
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 15 Dec 2011 05:16
Last Modified: 25 Apr 2015 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11084

Actions (login required)

View Item View Item