Faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi di klub panjat tebing On-Sight Batang tahun 2011


Ginanjar Prihantoro , 6101406538 (2011) Faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi di klub panjat tebing On-Sight Batang tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi di klub panjat tebing On-Sight Batang tahun 2011.]
Preview
PDF (Faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi di klub panjat tebing On-Sight Batang tahun 2011.) - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Klub panjat tebing On-Sight Batang mempunyai prestasi yang bagus di tingkat Karesidenan Pekalongan dan sebagian besar atletnya masuk dalam tim atlet FPTI cabang Batang. Dari latar belakang tersebut, maka permasalahan yang muncul adalah faktor-faktor apasajakah yang mempengaruhi pencapaian prestasi di klub panjat tebing On-Sight Batang tahun 2011? Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi di klub Panjat Tebing On-sight Batang tahun 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah klub Panjat Tebing On-Sight Batang yang meliputi atlet, pelatih dan pengurus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, meliputi pengurus sebanyak 2 orang, pelatih 1 orang, dan atlet 10 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa dari faktor Internal atlet memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti latihan, sehingga pembentukan kondisi fisik, teknik, penguasaan taktik dan mental tercipta dengan baik. Sedangkan untuk faktor Eksternal, pelatih telah menjalankan tugastugasnya sebagai pelatih, pada organisasi meskipun jumlah pengurus masih kurang namun proses organisasi dan proses pembinaan prestasipun telah dijalankan dengan baik, sarana dan prasarana yang dimiliki masih kurang dan banyak yang rusak, lingkungan telah mendukung kegiatan-kegiatan klub meskipun perhatian pemerintah daerah masih kurang, dan kompetisi telah terjadwal mulai dari tingkat karesidenan, provinsi, nasional bahkan internasional. Simpulan yang bisa diberikan adalah faktor internal menjadi faktor yang dominan, sebagian besar atlet telah memiliki aspek-aspek seperti motivasi berlatih yang tinggi, mental bertanding dan juara yang baik. Sedangkan untuk faktor eksternal yang berpengaruh adalah faktor pelatih dan organisasi/pengurus, komitmen dan loyalitas keduanya menjadi kunci keberhasilan pembinaan prestasi dan pencapaian prestasi, meskipun jumlah sumber daya manusia di dalamnya masih kurang sehingga pemenuhan dana, sarana dan prasarana juga kurang. Faktor lingkungan dan faktor kompetisi juga sudah berjalan dengan baik. Sehingga saran yang bisa penulis berikan yaitu kepada semua atlet untuk selalu rajin berlatih agar mampu meningkatkan prestasinya ditingkat daerah, nasional maupun internasional. Kepada pelatih untuk bisa meningkatkan kualitas kepelatihannya dengan mengikuti penataran pelatih. Dan kepada pengurus untuk segera melakukan perekrutan pengurus serta meningkatkan kerjasamanya dengan pihak luar untuk pemenuhan sumber dana dan melengkapi sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Olahraga panjat tebing
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Dec 2011 03:32
Last Modified: 25 Apr 2015 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11073

Actions (login required)

View Item View Item