Pengembangan Kecakapan Hidup Pada Anak Usia Dini didalam Keluarga (Penelitian Deskriptif Kualitatif di Desa Saripan Jepara)

Bibah Muhibah , 1201404027 (2011) Pengembangan Kecakapan Hidup Pada Anak Usia Dini didalam Keluarga (Penelitian Deskriptif Kualitatif di Desa Saripan Jepara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Pengembangan Kecakapan Hidup Pada Anak Usia Dini didalam Keluarga (Penelitian Deskriptif Kualitatif di Desa Saripan Jepara)) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Kemampuan Memecahkan masalah dapat menjadi salah satu indikator dari kepandaian anak. anak-anak jauh lebih ahli dalam pemecahan masalah daripada yang pernah diduga oleh banyak orang. dapat disimpulkan bahwa pemecahan maslah yang berhasil, tidak tergantung kepada kecerdasan anak tetapi lebih pada pengalaman mereka. Perumusan masalah yaitu׃ (1) Bagaimanakah cara mengembangkan kecakapan hidup pada anak usia dini di dalam keluarga?(2) Bagaimanakah pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecakapan hidup pada anak usia dini? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di desa Saripan Jepara. Fokus penelitian adalah kec akap an hidup ana k u sia d ini d i de sa Sar ipan J epa r a. Sumber data penelitian berasal dari subjek penelitian yaitu 4 (empat) anak usia 3-6 tahun. Desa Saripan Jepara dan Dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi berdasarkan sumber. Analisis data dalam penelitian ini adalah tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap kesimpulan. Hasil Penelitian yaitu: Personal life skill yang hendak dibentuk mengarah pada pematangan identitas jati diri, kemandirian, pemerataan emosi, serta tanggung jawab pribadi, kecakapan ini akan terus berkembang seiring dengan perkembangan usia peserta anak. Sosial life skill mengarah pada kemampuan bersosialisasi, berempati. Faktor penghambat dalam mengembangkan kecakapan hidup, yaitu: Tingkat pendidikan orang tua yang rendah. Tingkat kehidupan social masyarakat serta kehidupan ekonomi keluarga yang rendah. Pendorong dalam mengembangkan kecakapan hidup, yaitu: Kesadaran untuk memperluas wawasan atau pemahaman tentang cara mendidik anak dan orang tua. Kondisi ekonomi yang baik, sehingga orang tua mampu untuk mempercayakan pengasuhan kepada orang atau menyewa pengasuh anak. Saran yaitu׃ Kecakapan harus ditanamkan sejak dini dalam memberikan pendidikan yang baik bagi anak terutama usia 0-8 tahun sangat penting untuk itu dibutuhkan kesadaran yang tinggi dari orang tua tentang kecakapan hidup kemudian ketika memberikan pendidikan bagi anak tidak hanya mementingkan perkataan atau petunjuk mengenai hal yang diajarkan tetapi hal yang sangat penting adalah keteladanan atau contoh nyata dari orang tua untuk menanamkan nilai tersebut.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kecakapan Hidup, anak usia dini, keluarga.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 13 Dec 2011 22:27
    Last Modified: 13 Dec 2011 22:27

    Actions (login required)

    View Item