Modifikasi Pembelajaran Lempar Lembing dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Pantai pada Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kebulen Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2010/2011


CATUR BAMBANG SANTOSO , 6102909124 (2011) Modifikasi Pembelajaran Lempar Lembing dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Pantai pada Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kebulen Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Modifikasi Pembelajaran Lempar Lembing dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Pantai pada Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kebulen Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2010/2011.]
Preview
PDF (Modifikasi Pembelajaran Lempar Lembing dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Pantai pada Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kebulen Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2010/2011.) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Lempar lembing merupakan salah satu bentuk nomor lempar yang dapat dimodifikasi. Modifikasi digunakan sebagai salah satu alternatif pendekatan dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah modifikasi pembelajaran lempar lembing dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pantai pada siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kebulen Kota Pekalongan sudah memenuhi sasaran dan tujuan pada pembelajaran penjasorkes materi lempar lembing? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan melempar dan mengetahui modifikasi pembelajaran lempar lembing dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pantai pada siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kebulen Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pemaparan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari siswa kelas IV berjumlah 25 dan siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa SD Negeri Kebulen Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik penggunaan tes dan pengukuran. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif. Hasil pengembangan penelitian ini didapati hasil lempar lembing dengan menggunakan kayu yang menjadi 48,75 %, sedangkan hasil lempar lembing dengan menggunakan pipa yang tadinya 48,33 % menjadi 68,125 % dimana terdapat pada titik skala 40,1 – 70 % dimana prototipe produk modifikasi pembelajaran lempar lembing dapat digunakan. Siswa dapat mencapai indikator yang cukup baik dimana makna dari model pembelajaran lempar lembing dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan pantai pada siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri Kebulen Kota Pekalongan dapat digunakan. Disarankan agar seorang guru dapat menerapkan dan termotivasi untuk mengajarkan modifikasi lempar lembing ini kepada peserta didiknya; hambatan bukan terletak pada faktor sarana dan prasarana, namun kreativitas guru dalam memodifikasi model pembelajaran agar dikembangkan agar siswa dapat belajar secara optimal; dan modifikasi lempar lembing ini bisa dikembangkan secara lebih agar lebih optimal. Oleh karena itu peneliti selanjutnya harus menambah ide-ide yang menarik lagi, misalnya: memberi variasi pada lembingnya maupun tempat proses belajar mengajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Olahraga, lempar lembing
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Dec 2011 02:12
Last Modified: 25 Apr 2015 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11069

Actions (login required)

View Item View Item