Model Pembelajaran Keseimbangan Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Watukumpul Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang


KAMILIN , 6102909070 (2011) Model Pembelajaran Keseimbangan Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Watukumpul Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Keseimbangan Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Watukumpul Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang]
Preview
PDF (Model Pembelajaran Keseimbangan Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Watukumpul Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah model pembelajaran keseimbangan gerak dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri 01 Watukumpul Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah model pembelajaran keseimbangan gerak dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri 01 Watukumpul Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Model pengembangan yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan. Ujicoba kelompok kecil dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Watukumpul Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 10 anak. Ujicoba dilaksanakan di persawahan. Ujicoba kelompok besar dilaksanakan pada siswa kelas III SD Negeri 01 Watukumpul Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 anak. Ujicoba dilaksanakan di persawahan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keseimbangan gerak. Hasil penelitian menunjukkan jalan di pematang sawah mengambil pelepah pisang ada 11 siswa yang memperoleh hasil “Baik Sekali”, atau 30,56% dari keseluruhan sampel siswa. Kemudian ada 25 siswa yang memperoleh hasil “Baik” atau setara dengan 69,44% dari jumlah keseluruhan siswa yang berjumlah 36 anak. Jalan di pematang sawah melompati palang bambu mengambil pelepah pisang untuk kategori “Baik Sekali” ada 13 anak atau sejumlah 36,11% dan untuk kategori “Baik” 23 anak atau sejumlah 63,89% dari total keseluruhan siswa yang berjumlah 36 anak. Jalan menyamping di pematang sawah untuk kategori “Baik Sekali” ada 13 anak atau sejumlah 36,11% dan untuk kategori “Baik” 23 anak atau sejumlah 63,89% dari total keseluruhan siswa yang berjumlah 36 anak. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa “Tingkat keseimbangan gerak siswa kelas III SD Negeri 01 Watukumpul Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam kategori ”Baik Sekali”. Saran dalam penelitian ini 1) Bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD se-Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, hendaknya mengetahui teori tentang model pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar, dan dapat memberikan tuntunan dalam mempraktekkan, membiasakan hidup sehat serta membiasakan sikap gerakan tubuh yang baik; 2) Bagi orang tua hendaknya mempertimbangkan pertumbuhan /perkembangan anaknya, sehingga dapat mengarahkan anak untuk memiliki keterampilan gerak tertentu khusus dalam bidang olahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Keseimbangan
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Dec 2011 07:18
Last Modified: 25 Apr 2015 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11066

Actions (login required)

View Item View Item