Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Hutan Pinus Pada Siswa Kelas III SD Negeri 03 Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang


SIGIT SETYO YUWONO , 6102909074 (2011) Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Hutan Pinus Pada Siswa Kelas III SD Negeri 03 Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Hutan Pinus Pada Siswa Kelas III SD Negeri 03 Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang]
Preview
PDF (Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Hutan Pinus Pada Siswa Kelas III SD Negeri 03 Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah model pembelajaran keseimbangan gerak dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan hutan pinus pada siswa kelas III di SD Negeri 03 Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah model pembelajaran keseimbangan gerak dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan hutan pinus pada siswa kelas III di SD Negeri 03 Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011. Model pengembangan yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan hutan Pinus. Uji coba kelompok kecil dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 10 anak. Ujicoba dilaksanakan di hutan pinus. Uji coba kelompok besar dilaksanakan pada siswa kelas III SD Negeri 03 Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 32 anak. Ujicoba dilaksanakan di hutan pinus. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes keseimbangan gerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Tingkat keseimbangan gerak siswa kelas III SD Negeri 03 Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam kategori baik dari hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan angka 57,81% dengan jumlah 32 sampel yang berkategori ”Baik Sekali”. Saran dalam penelitian ini 1) Bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD se-Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang, hendaknya mengetahui teori tentang model pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar, dan dapat memberikan tuntunan dalam mempraktekkan, membiasakan hidup sehat serta membiasakan sikap gerakan tubuh yang baik.; 2) Bagi orang tua hendaknya mempertimbangkan pertumbuhan /perkembangan anaknya, sehingga dapat mengarahkan anak untuk memiliki keterampilan gerak tertentu khusus dalam bidang olahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Keseimbangan Gerak
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Dec 2011 07:09
Last Modified: 25 Apr 2015 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item