Perbedaan Konsep Diri antara Siswa Kelas RSBI (Rintisan Seolah Bertaraf Internasional) dengan Siswa Kelas Reguler di SMA N 4 Semarang

Aditya Maulana , 1301406509 (2011) Perbedaan Konsep Diri antara Siswa Kelas RSBI (Rintisan Seolah Bertaraf Internasional) dengan Siswa Kelas Reguler di SMA N 4 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pada dasarnya individu memiliki konsep diri dalam menjalani setiap aktivitas kehidupannya . Konsep diri merupakan salah satu faktoryang menentukan seseorang berperilaku negatif atau tidak, konsep diri juga bisa diartikan hubungan antara sikap dan keyakinan tentang diri kita sendiri. Pada saat ini ada status sekolah dengan nama RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dan satus sekolah tersebut diterapkan ke dalam sistem pengajaran di kelas dengan nama kelas RSBI, selain kelas RSBI ada juga kelas kelas regular yang berbeda sistem pengajarannya. Jika melihat karakteristik konsep diri yang ada antara siswa kelas RSBI dan siswa kelas regular tentunya ada beberapa perbedaan karakteristik konsep diri karena perlakuan yang dilakukan oleh pihak sekolah sangat berbeda dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan konsep diri antara siswa kelas RSBI dengan siswa kelas regular di SMA N 4 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan konsep diri antara siswa kelas RSBI dengan siswa kelas regular di SMA N 4 Semarang. Populasi penelitian ini adalah 4 kelas XI SMA N 4 Semarang tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 140 siswa. Dengan menggunakan tekhnik sampling Simple random sampling sedangkan sampel sebanyak 80 siswa. Variabel yang diteliti ada dua yaitu program pendidikan yang mencakup kelas RSBI dan kelas regular sebagai variabel bebas dan konsep diri siswa sebagai variabel terikat. Data diambil dengan skala psikologis. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan konsep diri antara siswa kelas RSBI (Rintisan sekolah bertaraf internasional) dengan siswa kelas reguler pada siswa kelas XI di SMA N 4 Semarang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji t-test, dan analisis deskriptif. Hasil analisis Konsep diri siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Semarang. diperoleh thitung= -2.888 apabila dibandingkan dengan ttabel dengan taraf kesalahan 5% maka diperoleh ttabel= 1.99. Hal ini berarti thitung < ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa ”tidak ada perbedaan konsep diri antara siswa kelas RSBI dan kelas reguler di SMA N 4 Semarang”. Saran bagi sekolah hendaknya memberikan sarana dan prasarana yang memadai dalam menunjang aktivitas kegiatan belajar mengajar sesuai dengan sistem pengajaran sekolah RSBI dan bagi konselor sekolah hendaknya lebih meningkatkan profesionalisme kinerjanya sesuai dengan kode etik profesi konselor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 13 Dec 2011 01:56
Last Modified: 25 Apr 2015 04:11

Actions (login required)

View Item