”Studi Perbandingan Pembelajaran IPS Geografi pada Guru IPS SMP Negeri dengan Guru IPS SMP Swasta di Kota Tegal Tahun Ajaran 2008/2009


Eka Herawati, 3201404012 (2009) ”Studi Perbandingan Pembelajaran IPS Geografi pada Guru IPS SMP Negeri dengan Guru IPS SMP Swasta di Kota Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ”Studi Perbandingan Pembelajaran IPS Geografi pada Guru IPS SMP Negeri dengan Guru IPS SMP Swasta di Kota Tegal Tahun Ajaran 2008/2009]
Preview
PDF (”Studi Perbandingan Pembelajaran IPS Geografi pada Guru IPS SMP Negeri dengan Guru IPS SMP Swasta di Kota Tegal Tahun Ajaran 2008/2009) - Submitted Version
Download (634kB) | Preview

Abstract

Keberadaan pembelajaran geografi penting bagi siswa sebab pelajaran geografi mengembangkan kemampuan siswa dalam mengenali dan memahami gejala alam dan kehidupan dalam kaitannya dengan keruangan dan kewilayahan serta mengembangkan sikap positif dan rasional dalam menghadapi permasalahan yang timbul sebagai adanya pengaruh manusia terhadap lingkungannya. Oleh karena itu pembelajaran geografi di sekolah harus ditingkatkan oleh seorang guru IPS geografi. Masalah dalam penelitian ini adalah, 1)bagaimana pembelajaran IPS (geografi) baik SMP Negeri maupun SMP Swasta di Kota Tegal tahun ajaran 2008/2009?, 2)kegiatan apa yang dilakukan pembelajaran IPS (geografi) baik SMP Negeri maupun SMP Swasta di Kota Tegal tahun ajaran 2008/2009?, 3)adakah perbedaan pembelajaran IPS (geografi) dari guru IPS yang berlatar belakang geografi dengan non geografi pada SMP Negeri dengan SMP Swasta ?. Tujuan penelitian ini adalah, 1)mengetahui pembelajaran IPS (geografi) baik SMP Negeri maupun SMP Swasta di Kota Tegal tahun ajaran 2008/2009, 2)mengetahui kegiatan yang dilakukan untuk pembelajaran IPS (geografi) baik SMP Negeri maupun SMP Swasta di Kota Tegal tahun ajaran 2008/2009, 3)mengetahui perbedaan pembelajaran IPS (geografi) dari guru IPS yang berlatar belakang geografi dengan non geografi pada SMP Negeri dengan SMP Swasta. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru IPS Geografi SMP Negeri dengan SMP Swata di Kota Tegal yaitu 20 guru IPS SMP Negeri dan 14 guru IPS SMP Swasta. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner yanng digunakan untuk memperoleh data tentang pembelajaran IPS Geografi yang dilakukan oleh guru IPS Geografi baik SMP Negeri maupun SMP Swasta. Variabel penelitian ini adalah pembelajaran IPS geografi yang terdiri dari sub variabel yaitu profil guru geografi, persiapan pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum dapat dikatakan bahwa ada perbedaan pembelajaran IPS geografi oleh guru IPS geografi di SMP Negeri dan SMP Swasta berkaitan dengan persiapan pembelajaran yaitu untuk SMP negeri 62% masuk kategori baik dan SMP swasta 38% kurang baik, proses pembelajaran untuk SMP negeri 68% masuk kategori baik dan SMP swasta 32% kurang baik, dan penilaian hasil belajar untuk SMP negeri 57% dan SMP swasta 47% cukup baik. Hal ini disebabkan perbedaan tingkat kemapanan sekolah misalnya dalam hal pendanaan, adimistrasi, adanya tuntutan profesionalisme dan lain-lain. Sekolah negeri juga cenderung lebih diperhatikan oleh Dinas Pendidikan selain dari faktor intern yaitu kebijakan-kebijakan intern di sekolah negeri yang lebih bagus dibandingkan di sekolah swasta. Hasil uji t tes menunjukkan tidak ada perbedaan diantara guru geografi yang berasal dari sarjana geografi dan non geografi menunjukkan bahwa perbedaan skor rerata diantara dua kelompok data tersebut tidak berbeda secara signifikan atau bisa dikatakan sama. Saran yang dapat diberikan adalah bagi SMP Swasta diharapkan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam hal pembelajaran di kelas yaitu mengenai persiapan, proses, dan penilaian hasil belajar dengan salahsatunya melalui peningkatan kesejahteraan guru dan dengan mengikuti pelatihan atau penataran guru, seminar lokakarya dan kegiatan MGMP yang diadakan oleh dinas terkait, dan bagi SMP Negeri kemampuan pembelajaran geografi yang sudah bagus diharapkan ditingkatkan dengan menerapkan kualitas pembelajaran IPS Terpadu yang bagus juga dengan ikut pelatihan mengenai kurikulum itu sendiri

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Pembelajaran, Guru IPS Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 08 Apr 2011 07:23
Last Modified: 25 Apr 2015 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item