PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) DI SMA N 16 SEMARANG
Renita Tri Parwanti , 4301403047 (2007) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) DI SMA N 16 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) DI SMA N 16 SEMARANG)
- Published Version
Download (463kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar kimia siswa kelas X-5 SMA N 16 Semarang masih relatif rendah yang ditunjukkan dengan sedikitnya jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar yaitu sebesar 38,46 %. Selain itu keterlibatan siswa selama pembelajaran pun masih terbilang rendah. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah dengan ceramah dan cara ini ternyata kurang efektif untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Permasalahan yang ingin diungkap adalah apakah penggunaan kombinasi metode Student Teams Achivement Division (STAD) dan Structure Exercise Methode (SEM) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X-5 SMA N 16 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan kombinasi metode Student Teams Achivement Division (STAD) dan Structure Exercise Methode (SEM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 85 %. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X-5 SMA N 16 Semarang dan terbagi menjadi dua siklus, di mana pada setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,77 dan pada siklus II meningkat menjadi 75,15. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 71,74 % dan menjadi 89,73 % pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa ini diikuti pula oleh peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 56,36 % pada siklus I dan meningkat menjadi 80 % pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah penggunaan kombinasi metode Student Teams Achivement Division (STAD) dan Structure Exercise Methode (SEM) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X-5 SMA N 16 Semarang, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal yang diharapkan yaitu sebesar 85 %.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Student Teams Achivement Division (STAD), dan Structure Exercise Methode (SEM) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 07 Apr 2011 07:39 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1105 |
Actions (login required)
View Item |