PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 TANJUNGSARI DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR


Hotijah Nur Aini , 1402908135 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 TANJUNGSARI DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 TANJUNGSARI DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR] PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 TANJUNGSARI DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR) - Published Version
Download (64kB)

Abstract

Nur’aini Hotijah. 2010, “Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Tanjungsari Dalam Menulis Karanga Deskripsi Melalui Media Gambar. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: 1. Drs. Suwandi, MPd; 2. Drs. Hy Poniyo, MPd. 119 halaman Kata Kunci : Karangan Deskripsi, Media Gambar Hakikat media gambar merupakan salah satu media grafis yang berfungsi untuk menyalurkan pesan melalui panca indera penglihatan. Media ini sangat cocok untuk kepentingan pengajaran bahasa. Kenyataan yang ada di SD Negeri 03 Tanjungsari, guru dalam mengajar belum menggunakan media sebagai alat memotivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar pada siswa dapat meningkatkan keterampilan menulis. Metode pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti, teman sejawat(guru), dan kepala sekolah Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 03 Tanjungsari, Pemalang pada tahun akademik 2009/2010, dengan jumlah siswa 27 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes. Data tes menggunakan tes uraian atau unjuk kerja, data nontes menggunakan data pengamatan, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Penelitian ini dikatakan berhasil jika keterampilan menulis siswa mencapai kriteria ketuntasan ≥70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan disegala aspek pengamatan . Rencana pembelajaran dari siklus I sampai dengan siklus III dari masing-masing tindakan kelas dalam kategori cukup dan baik. Pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 65, siklus II memperoleh rata-rata nilai 70, siklus III memperoleh nilai 75, ada peningkatan sebesar 30% Dengan melihat hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian, yakni media gambar dalam meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Tanjungsari, tahun akademik 2009/2010. Akhirnya peneliti menyarankan hendaknya para guru kreatif dalam menentukan penggunaan media gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi agar siswa tidak merasa jenuh mengikuti pembelajaran,

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karangan Deskripsi, Media Gambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2011 02:09
Last Modified: 15 Dec 2011 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11045

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item