PENGARUH PEMBELAJARAN PENJASORKES MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT SISWA KELAS VII MEMPELAJARI BOLA VOLI DI SMP N I BOJA TAHUN 2010


RESTINA DWI ANDRIANI, 6101405030 (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN PENJASORKES MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT SISWA KELAS VII MEMPELAJARI BOLA VOLI DI SMP N I BOJA TAHUN 2010. Under Graduates thesis, UNNES.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of  PENGARUH PEMBELAJARAN PENJASORKES MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT SISWA KELAS VII MEMPELAJARI BOLA VOLI DI SMP N I BOJA  TAHUN 2010] Microsoft Word ( PENGARUH PEMBELAJARAN PENJASORKES MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT SISWA KELAS VII MEMPELAJARI BOLA VOLI DI SMP N I BOJA TAHUN 2010) - Published Version
Download (57kB)

Abstract

SARI Restina Dwi Andriani. 2010. Pengaruh Pembelajaran Penjasorkes Menggunakan Media Video Terhadap Minat Siswa Kelas VII Mempelajari Bola Voli Di SMP N 1 Boja Tahun 2010. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh pembelajaran dengan media video terhadap minat siswa kelas VII mempelajari bola voli di SMP N 1 Boja?. 2) Apakah ada perbedaan minat siswa kelas VII mempelajari bola voli sebelum dan sesudah diakukan pembelajaran dengan media video?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan media video terhadap minat siswa kelas VII mempelajari bola voli di SMP N 1 Boja dan untuk mengetahui perbedaan minat siswa kelas VII mempelajari bola voli sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan media video. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N I Boja yang berjumlah 170 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 34 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan 34 siswa sebagai kelompok kontrol. Variabel dalam penelitian ini ada 2, variabel bebas yaitu pembelajaran penjasorkes menggunakan media video dan variabel terikat yaitu minat siswa kelas VII mempelajari bola voli. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis uji t atau t-test. Hasil penelitian peningkatan minat siswa mempelajari bola voli kelas VII di SMP N I Boja dari tiap indikator kelompok eksperimen adalah motivasi dan cita-cita 23.26%, sikap terhadap guru dan pelajaran 10.22%, keluarga 6,71%, fasilitas 14.85%, media massa 17.06%. Hasil peningkatan kelompok kontrol diperoleh motivasi dan cita-cita 10.27%, sikap terhadap guru dan pelajaran 13.24%, keluarga 12.35%, fasilitas 11.32%, media massa 8.63%. Dari analisis kelima indikator minat mempelajari bola voli siswa diatas, dapat disimpulkan bahwa minat mempelajari bola voli siswa kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol. Dengan indikator motivasi dan cita-cita sebagai indikator yang peningkatannya paling besar yaitu 23,26%. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini yaitu, pembelajaran dengan media video berpengaruh terhadap minat siswa mempelajari bola voli di SMP N 1 Boja Tahun 2010. Tingkat minat siswa mempelajari bola voli dengan memutarkan video lebih baik dibandingkan dengan tingkat minat siswa tanpa memutarkan video dimana peningkatan presentase minat memelajari bola voli siswa kelompok eksperimen 14.37% lebih tinggi dari kelompok kontrol 10.49%. Penulis memberikan saran bagi guru penjaskesorkes, bahwa dalam pembelajaran penjasorkes guru perlu menggunakan berbagai macam bentuk media pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa dan mengurangi kejenuhan siswa pada pelajaran pendidikan jasmani, sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan lancar dan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2011 02:09
Last Modified: 15 Dec 2011 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11044

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item