PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR AKUNTANSI DI SMK BISNIS MANAJEMEN SE-KOTA SEMARANG

Puspita Sari, 3301404169 (2011) PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR AKUNTANSI DI SMK BISNIS MANAJEMEN SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

This is the latest version of this item.

Abstract

ABSTRAK Sari, Puspita. 2011. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Akuntansi di SMK Bisnis dan Manajemen se-Kota Semarang. Skripsi.Jurusan Pendidikan Ekonomi.Fakultas Ekonomi.Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Amir Mahmud, S.Pd., M.Si.,Pembimbing II. Agung Yulianto, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Motivasi Kerja, Kinerja Guru. Guru merupakan tenaga kependidikan yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, melatih serta mengarahkan peserta didik agar memiliki kesiapan dalam menghadapi persaingan global. Oleh karena itu, kinerja guru yang optimal sangat dibutuhkan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kinerja guru yang optimal dipengaruhi oleh motivasi kerja. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru akuntansi SMK Bisnis se-kota Semarang? (2) Seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru akuntansi SMK se-kota Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Adakah pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru akuntansi SMK se-kota Semarang, (2) Seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru akuntansi SMK se-kota Semarang. Populasi penelitian adalah seluruh guru akuntansi se-kota Semarang berjumlah 113 orang. Pengambilan sampel yang berjumlah 89 orang menggunakan perhitungan rumus slovin, kemudian sampel diambil dengan teknik Quota Sampling. Variabel yang diteliti yaitu motivasi kerja sebagai variabel bebas dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen yang disusun kemudian diuji validitas menggunakan rumus product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi berganda yang sebelumnya diuji terlebih dahulu dengan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas menggunakan bantuan program SPSS for Windows Release 17. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan: . Uji keberartian persamaan regresi menggunakan uji F, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 38,918 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh thitung untuk variabel motivasi kerja sebesar = 6,238 dengan probabilitas = 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru akuntansi sebesar 15,28%. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian adalah ada pengaruh positif antara motivasi kerja terhadap kinerja guru akuntansi SMK kelompok Bisnis dan manajemen se-kota Semarang. Saran yang diajukan bagi guru untuk selalu berupaya menumbuhkan motivasi dengan meningkatkan kinerjanya untuk lebih berprestasi. Demikian juga dengan pihak sekolah dan pemerintah diupayakan memperhatikan kebutuhan akan kemajuan guru agar kualitas guru meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: syaiful imam fisika
Date Deposited: 14 Dec 2011 21:11
Last Modified: 14 Dec 2011 21:11

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item