PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BAHAN AJAR BERBASIS WEB DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS SISWA KELAS XI-IA SEMESTER II SMAN 1 JEPARA


Aris Bagus Pradana, 4301406066 (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BAHAN AJAR BERBASIS WEB DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS SISWA KELAS XI-IA SEMESTER II SMAN 1 JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BAHAN AJAR BERBASIS WEB DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS SISWA  KELAS XI-IA SEMESTER II SMAN 1 JEPARA] Microsoft Word (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BAHAN AJAR BERBASIS WEB DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS SISWA KELAS XI-IA SEMESTER II SMAN 1 JEPARA) - Published Version
Download (60kB)

Abstract

Pradana, Aris Bagus. 2010. Pengaruh Penggunaan Media Bahan Ajar Berbasis Web dengan Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Siswa Kelas XI-IA Semester II SMAN 1 Jepara. Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Soeprodjo, M.S, Pembimbing II: Ir. Winarni Pratjojo, M.Si. Kata Kunci : Bahan ajar berbasis web, Problem Based Instruction (PBI) Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa ketuntasan klasikal siswa materi larutan penyangga dan hidrolisis dari tahun ajaran 2006/2007 sampai 2008/2009 kurang dari 85% dan aktivitas belajar siswa yang kurang optimal, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran serta sebuah media yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan bahan ajar berbasis web dengan model PBI agar siswa lebih mudah melakukan penyelidikan dan inquiri, sehingga siswa akan lebih mantap dalam penguasaan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis web dengan model PBI terhadap hasil belajar kimia ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI-IA5 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan bahan ajar berbasis web dengan model PBI dan kelas XI-IA2 sebagai kelas kontrol yang hanya mendapatkan pembelajaran bermodel PBI dengan bahan ajar bukan web setelah dilakukan uji homogenitas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan Uji Anava. Sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji kesamaan dua rata-rata, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis hasil angket dan observasi. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi bahwa penggunaan bahan ajar berbasis web dengan model PBI berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa materi larutan penyangga dan hidrolisis. Dari hasil analisis diperoleh rb 0,44 dengan besarnya kontribusi 19,78%. Simpulan pada penelitian ini adalah penggunaan bahan ajar berbasis web dengan model PBI berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa materi larutan penyangga dan hidrolisis siswa kelas XI-IA SMAN 1 Jepara dengan kontribusi 19,78%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar berbasis web, Problem Based Instruction (PBI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2011 02:12
Last Modified: 15 Dec 2011 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11015

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item