FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI DI SMK ANTONIUS SEMARANG


Rino Asroi , 3301403129 (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI DI SMK ANTONIUS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI DI SMK ANTONIUS SEMARANG]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI DI SMK ANTONIUS SEMARANG) - Published Version
Download (127kB) | Preview

Abstract

Asroi, Rino. 2010. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Di SMK Antonius Semarang”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Etty Soesilowati dan Dosen Pembimbing II Drs. FX Sukardi. Kata kunci: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Pendidikan merupakan upaya untuk membantu perkembangan siswa sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, sehingga ia dapat hidup secara layak dalam kehidupannya. SMK Antonius Semarang adalah salah satu lembaga pendidikan sebagai tempat perkembangan anak didik setelah terlebih dahulu melalui jenjang pendidikan sebelumnya. Dari data observasi awal yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah masih cukup rendah jika mengacu pada analisis tingkat kemampuan rata-rata KKM. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1). Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMK Antonius Semarang? (2). Seberapa besar faktor-faktor tersebut mempengaruhi prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMK Antonius Semarang? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Antonius Semarang yang mendapat sejumlah 228 siswa. Sampel penelitian diambil secara “Area (cluster) Sampling”dan secara Random Sampling” dan diperoleh 48 siswa sebagai responden. Variabel dalam penelitian ini adalah Faktor internal (X1), Faktor eksternal (X2), dan Prestasi Belajar (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket. Metode analisis data dengan menggunakan analisis metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ada pengaruh signifikan faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar dilihat dari hasil analisis data uji F diperoleh Fhitung sebesar 41.078, dengan harga signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari 0,05. Koefisien determinasi R2 sebesar 0.646 yang berarti secara bersama-sama berpengaruh sebesar 64.6%. Secara parsial ada pengaruh signifikan faktor internal terhadap prestasi belajar dengan koefisien sebesar 0.395. Secara parsial ada pengaruh signifikan faktor eksternal terhadap prestai belajar dengan koefisien sebesar 0.306. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu agar tercipta proses pembelajaran yang baik sehingga akan menunjang prestasi belajar siswa, maka seorang siswa hendaknya menjaga kesehatan agar kegiatan belajar tidak terganggu. Untuk orang tua harus mampu mengetahui bakat dan minat anaknya agar dapat di arahkan dengan tepat dan memberikan motivasi yang membangun sehingga anak mempunyai semangat untuk belajar. Sedangkan tugas seorang guru yang mempunyai kompetensi adalah untuk mengembangkan bakat peserta didik agar dapat di maksimalkan supaya memperoleh prestasi yang membanggakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2011 02:13
Last Modified: 15 Dec 2011 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11011

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item